Pemkab Karanganyar Gelar Pelaksanaan Upacara Sumpah Pemuda ke-87

kominfo

Bupati Karanganyar Juliyatmono Saat Menjadi Irup Upacara Sumpah Pemuda Kabupaten Karanganyar Tahun 2015

kominfo

Forkompinda Kabupaten Karanganyar

kominfo

Penyerahan Piala Oleh Bupati Karanganyar

Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-87 yang semula oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono akan dilaksanakan di Puncak Lawu harus batal. Hal tersebut disebabkan terbakarnya hutan lawu yang semakin meluas sampai Cemoro Kandang, Tawangmangu.

Dengan pertimbangan keselamatan, kesehatan dan  tidak menimbulkan resiko yang lebih besar akhirnya pada hari H, Rabu pagi (28/10/2015) di Halaman Sekretariat Daerah Karanganyar dilaksanakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-87 yang mengusung tema Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi “ Satu Untuk Bumi”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM dan Komandan Upacara Jumadi, S.Pd (Guru SMP Mojogedang). Dan diikuti oleh Jajaran Forkompinda, SKPD, Karyawan/wati PNS lingkup Karanganyar, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda, KNPI, Mahasiswa, Pelajar.

Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan bahwa Salah satu ikrar penting dalm Sumpah Pemuda 1928 adalah satu tanah air, tanah air Indonesia. Poin ini menekankan pentingnya menjaga tanah air sebagai bagian penting dari komponen bumi demi keberlangsungan masa depan generasi penerus kita.

Bumi tidak akan pernah merusak dan menghancurkan dirinya sendiri, tetapi manusia lah pelakunya. Disebutkan dalam Al Qur’an Surat Ar Ruum Ayat 41 yang berbunyi Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Oleh karena itu, saya mengajak Pemuda Indonesia menjadi Khalifah Fil Ard (pemimpin bumi) yang baik, adil dan bertanggungjawab. Hanya dengan menjaga dan merawatnya kita bisa menjaga keberlangsungan bumi hingga masa yang akan datang seiring dengan pembangunan peradaban kita.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-87. Melalui Revolusi mental Pemuda kita berharap lahir generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negaranya. Rela berkorban menanggalkan ego sukunya, ego agamanya, ego kedaerahannya, ego kelompoknya dan ego pribadinya demi kepentingan yang lebih besar yaitu Indonesia,seperti yang pernah dilakukan oleh para pemuda pendahulu kita. Inilah tanah air kita, inilah bumi kita, inilah masa depan kita.

Usai pelaksanaan Upacara, dilakukan penyerahan Trophy/medali oleh Bupati Karanagnyar kepada Juara I dan Juara Umum Olimpiade Matematika (Optika XV) Tingkat madrasah dan sekolah Dasar Islam se-Indonesia yang diraih oleh Ananda nur Naimah Ma’ruf (kelas 6 B), Zumrotul Inayah (Kelas 6 D) dan Hanifan Kurura Winanda (Kelas 5 D) dari MI Karanganyar.

Sebelum pelaksanaan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda, pada Selasa sore jelang malam (27/10/2015) dilaksanakan Apel Pemuda dilanjut Sarasehan dan do’a bersama Refleksi Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Pos Cemoro Kandang, Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Karanganyar dan dihadiri langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi isteri serta Muspika tawangmangu. Selain untuk Refleksi Sumpah Pemuda, do’a bersama ditujukan untuk keselamatan Gunung Lawu. ad/ind