Wirausahawan dan Disabilitas Karanganyar Terima Bantuan Sarana Usaha

Kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono Memberikan Pengarahan Setelah Memberikan Bantuan Secara Simbolis Kepada Penerima Bantuan
kominfo
Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar Memberikan Secara Simbolis Bantuan Kepada Penerima Bantuan

Guna mewujudkan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Karanganyar yakni menciptakan 10.000 wirausahawan mandiri. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi  (Dinsosnakertrans) Karanganyar menyelenggarakan kegiatan  Penyerahan Bantuan Sarana Usaha, Senin (23/10/2015) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Bantuan sarana usaha ini berasal dari APBN (Pusat) yang ditujukan pada kegiatan wirausaha mandiri, kegiatan pemberdayaan tenaga kerja penyandang disabilitas dan kegiatan pemberdayaan tenaga kerja muda dan wanita.

“Sebelumnya para penerima bantuan usaha ini telah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Kementerian Tenaga Kerja, khususnya untuk para tenaga kerja muda dan wanita. Mereka telah dibekali dengan pelatihan oleh Pusat karena ini berkaitan langsung dengan pengiriman tenaga kerja keluar negeri.  Sedangkan wirausaha mandiri dan difabel, mereka juga telah dilatih baik secara manajemen dan tekniknya oleh Dinas Sosial Karanganyar  sehingga bantuan yang diterima dapat untuk melanjutkan kegiatan usahanya”, kata Kepala Dinsosnkertrans Karanganyar, Agus Heri Bindarto.

Dalam laporannya ia juga menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan manajemen usaha, mengurangi pengangguran sekaligus menciptakan lapangan kerja sebagai salah satu wujud menciptakan 10.000 wirausahawan mandiri di Kabupaten Karanganyar.

“Bantuan sarana usaha dari APBN ini berupa 50 unit mesin jahit, 25 buah sangkar burung, 25 unit set rintisan pengelolaan pertanian (peralatan pengorengan, kompor, gas), 30 unit kompressor/peralatan bengkel untuk disabilitas dan mesin obras peralatan penggiling jagung, gerobak bakso motor”, terang Kepala Dinsosnakertrans Karanganyar dihadapan Bupati , Wakil Bupati dan 160 peserta wirausaha penerima sarana bantuan usaha.

Sementara itu  Bupati Karangnyar Juliyatmono saat menyampaikan arahannya menghimbau kepada peserta penerima bantuan agar benar-benar menggunakan dengan baik sarana bantuan usaha yang telah diterima.

“Saya akan cek lagi, apakah bantuan yang diterima ini digunakan benar untuk melanjutkan usahanya, terlebih lagi sebelumnya sudah dilatih secara manajemen dan teknik. Syukur-syukur setelah menerima bantuan ini, usahanya semakin berkembang , semakin maju, sukses. Justru usaha-usaha yang sukses ini yang oleh Pemerintah akan diberi bantuan lagi supaya dapat memperluas lapangan kerja”, tutur Bupati Karanganyar Juliyatmono dihadapan peserta wirausaha.

“Bantuan sarana usaha yang diterima jangan sampai dijual. Ini untuk modal memajukan sekaligus mengembangkan usaha. Untuk mencukupi kebutuhan hidup baik sandang, pangan sekaligus memberi peluang usaha untuk yang belum memiliki pekerjaan. Harapan saya, dikerjakan dengan baik  semoga ini menjadi sarana bapak ibu mendapat rejeki yang berkah dan melimpah”, pesan Juliyatmono.

Selanjutnya dilakukan penyerahan bantuan sarana usaha secara simbolis oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono yang didampingi Wakil Bupati Rohadi Widodo dan Kepala Dinsosnakertrans kepada perwakilan peserta wirausaha mandiri. Ad/ind