Ratusan Murid Ikuti Lomba MAPSI

Karanganyar, Kamis (15/10/2015)
Ratusan murid Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) Tingkat Kabupaten Karanganyar tahun 2015, Selasa (13/10).

Lomba tersebut diikuti sebanyak 700 murid dan terdapat 16 cabang perlombaan, dengan tempat pelaksanaan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Masjid Agung, Gedung Guru, Gedung PKPRI dan Dekopinda.

“Peserta merupakan perwakilan dari 17 kecamatan dari hasil seleksi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karanganyar Sutarno, saat acara pembukaan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Salah satu peserta lomba MAPSI saat tampil di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar
Salah satu peserta lomba MAPSI saat tampil di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Sutarno juga mengatakan, lomba yang sudah berlangsung ke 18 kalinya mengandung maksud untuk tolok ukur kemampuan kurikulum pendidikan agama Islam dan seni Islami di tingkat SD/MI.

“Bisa diketahui pula bagaimana penerapan kurikulum baca tulis Al Quran dan keberhasilan pelaksanaan program baca tulis Al Quran, juga menumbuhkembangkan ketrampilan dan rasa cinta seni Islami,” katanya.

Ditempat yang sama Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan lomba ini dapat memperkuat pendidikan pelajaran termasuk didalamnya adalah aplikasi pendidikan agama islam.

“Anak-anak dapat termotivasi dengan lomba ini dan bisa berkembang dengan baik,” kata Bupati Karanganyar.

Dia juga mengharapkan kepada para pendidik dengan membangun karakter anak butuh keuletan, kesabaran, dan ketekan, berbeda dengan membangun fisik.
“Membangun karakter anak tidak terlihat wujudnya. Harus selalu dipupuk seperti kegiatan ini, harapannya terbentuk jiwa baik dari anak,” katanya. pd