Cari Guruku Idolaku, Saring 365 Guru

Sebanyak 365 guru mengikuti lomba Guruku Idolaku di SMKN 2 Karanganyar

Sebanyak 365 guru mengikuti lomba Guruku Idolaku di SMKN 2 Karanganyar

Karanganyar, Senin (12/10/2015)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyelenggarakan lomba Guruku Idolaku dengan diikuti sebanyak 365  guru.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karanganyar Sutarno mengatakan acara yang dilangsungkan selama dua hari (Senin-Selasa) 12-13 Oktober 2015 di SMK Negeri 2 Karanganyar merupakan kompetensi lomba kegiatan guru kelas dan guru mata pelajaran se Kabupaten Karanganyar.

“Sebelum ini sudah ada seleksi terlebih dahulu, kemudian untuk hari ini tes tertulis dan tes praktek 25 menit setiap peserta, jika waktu kurang akan dilanjutkan besok,” katanya, dilokasi.

Untuk penilaian, pihak Disdikpora Kabupaten Karanganyar bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah.

“Terdapat 20 orang juri dari LPMP Jateng,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mangatakan seleksi Guruku Idolaku ini diikuti sebanyak guru TK sejumlah 17 orang, guru SD sebanyak 102 orang, guru SMP sejumlah 55 orang, guru SMA sejumlah 14 guru, dan guru SMK 65 orang.

Sementara itu, ditempat yang sama, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, ini merupakan upaya untuk mencari guru sebagai idola murid.

“Guru menjadi pembentuk karakter dan keberhasilan murid,” katanya.

Dia juga mengharapkan guru bisa menjiwai murid-murid, sehingga jika ada persoalan bisa dipecahkan dengan baik.

“Kita cairkan suasana edukasi di sekolahan dengan jiwa dan pola yang menarik. Guru juga dituntut inovatif menyampaikan pelajaran,” katanya.

Pembentukan karakter anak bisa terbentuk karena sentuhan guru. Seperti seorang mantan murid bisa teringat walaupun sudah lama tidak berjumpa. pd