420 Unit Rumah Terima Stimulan APBD Karanganyar TA 2015

DSC_0296

Bupati Karanganyar Didampingi Wakil Bupati Karanganyar Saat Menyerahkan Secara Simbolis Bantuan Pemugaran Rumah, Rumdin Bupati Karanganyar Senin Pagi (12/10)

Guna mewujudkan rumah layak huni bagi warga berpenghasilan rendah dan meningkatkan sawadaya masyarakat melalui stimulan/bantuan sosial APBD Kabupaten Karanganyar TA 2015 serta mewujudkan pemukiman yang sehat aman serasi. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BAPERMADes) Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Sosialisasi Pemugaran dan Pemukiman Pedesaan di Kabupaten Karanganyar, Senin pagi (12/10/2015) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

“ Bantuan sosial APBD Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2015 sebesar dua miliar rupiah untuk kegiatan perumahan dan pemukiman pedesaan diberikan kepada 400 unit rumah se Kabupaten Karanagnyar yang masing-masing unit mendapat sebesar lima juta rupiah dan tambahan 20 Unit rumah masuk dalam perubahan sehingga total ada 420 unit rumah akan menerima stimulan/bantuan sosial.

Pencanangan RTLH di Desa Kalijirak, Tasikmadu  besok hari Jum’at (16/10/2015) langsung oleh Bupati dan diikuti secara serentak diseluruh Desa se Kabupaten Karanganyar,” terang Kepala BAPERMADes Karanganyar Utomo Sidi Hidayat saat menyampaikan laporannya dihadapan Bupati Karananganyar, Wakil Bupati, Asisten Perekonomian Setda Karanganyar serta warga masyarakat penerima bantuan sosial Pemugaran dan Pemukiman Pedesaan.

Utomo Sidi mengatakan bahwa dengan adanya stimulan ini diharapkan mewujudkan RTLH dan meningkatkan gotong royong di masyarakat.

“ Harapan saya dengan bantuan sosial ini, untuk terwujudnya Rumah Tidak L:ayak huni (RTLH) sekaligus memperkuat sifat gotong royong warga masyarakat.Jadi tiap Kepala Keluarga (KK) mendapat bantuan Rp. 5 juta dan dikelola secara berkelompok, dikerjakan bersama sama dengan warga secara gotong royong. Jadi tidak boleh diborongkan,” terangnya yang disambut antusias oleh warga penerima bantuan.

Karena ini merupakan salah bentuk perhatian Pemerintah kepada warga masyarakat yang memang rumahnya belum layak huni.

“Ini adalah wujud salah satu program Pemerintah Kabupaten Karanganyar yakni Pembangunan Infrastruktur Menyeluruh. Termasuk bantuan sosial pemugaran dan pemukiman pedesaan ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakat yang rumahnya memang belum layak huni,” tambah Utomo Sidi Hidayat saat mengakhiri laporannya.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa meski bantuan soial yang diberikan hanya sedikit, ini merupakan salah satu perhatian Pemerintah guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Tahun ini rumah-rumah yang belum sehat, kita bantu agar layak huni. Minimal ubin dan dindingnya. Syukur-syukur jamban juga disiapkan, karena itu merupakan syarat wujud Rumah yang Sehat. Supaya tidak ada lagi warga yang BAB sembarangan karena bisa mengotori, mencemari sungai/kali dan lingkungan sekitarnya. Sehingga keberadan jamban ini sangat penting. Wujud rumah sehat dapat mengangkat derajat kesehatan masyarakat. Karena dengan sehat dapat memperpanjang harapan usia hidup seseorang. Maka itu, meskipun bantuan yang diterima hanya sedikit, semoga dapt untuk mewujudkan rumah sehat dan membawa keberkahan bagi kita semua,” harapan Juliyatmono dihadapan para warganya.

Pada kesematan tersebut dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada perwakilan dari Kalurahan Delingan Kecamatan Karanganyar sebanyak 15 Unit rumah sebesar Rp. 75 Juta. Ad/ind