Penderita Katarak Jalani Operasi Secara Gratis

Pemberian obat tetes mata bagi penderita katarak sebelum menjalani operasi di Instalasi Bedah Sentral RSUD Karanganyar
Pemberian obat tetes mata bagi penderita katarak sebelum menjalani operasi di Instalasi Bedah Sentral RSUD Karanganyar

Karanganyar, Minggu (04/10/2015)
Puluhan pasien penderita katarak di Kabupaten Karanganyar menjalani operasi mata secara gratis, di RSUD Karanganyar, Minggu (04/10).

Operasi yang berkerjasama dengan Djarum Foundation dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta berlangsung dari pagi hari hingga sore hari.

Sebelum menjalani operasi, pasien terlebih dahulu menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di laboratorium, kemudian tindakan pemberian obat tetes mata, kemudian menunggu giliran operasi.

Menurut Direktur RSUD Karanganyar dr. G Mariyadi  bahwa kegiatan kali ini mengoperasi 47 bola mata, tidak satu orang pasien, sebab seorang pasien bisa dua bola mata yang terkena katarak.

“Hari ini sebanyak 16 dokter mata dilibatkan untuk operasi katarak. Sedangkan lamanya tindakan bisa sampai 30 menit, tergantung anatominya,” kata Direktur RSUD.

Dia juga menjelaskan, masih banyak penderita katarak yang tersebar di Kabupaten Karanganyar.

“Penderita kebanyakan berumur 50 tahun keatas, bisa dikarenakan usia tua, paparan sinar matahari berlebih, mengalami trauma, dan sering operasi mata,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono berkesempatan menemui para penderita di ruang tunggu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung acara ini. Dengan begitu, bisa mengurangi penderita di Kabupaten Karanganyar,” katanya.

Langkah antisipasi agar seseorang tidak terkena katarak, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung beta carotene atau anti oksidan yang baik untuk mata. Menghindari paparan sinar matahari dengan menggunakan kaca mata anti sinar UV juga sangat disarankan untuk menghindari katarak. Perokok bisa menghentikan kebiasaanya tersebut karena merokok dapat meningkatkan resiko seseorang terkena katarak. pd