Perpustakaan dan Arsip Adakan Bintek Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat menyampaikan sambutan bintek pengelolaan perpustakaan Desa/Kelurahan

Kantor Perpustakaan dan Arsip mengadakan Bintek yang di hadiri + 30 petugas perpustakaan desa/kelurahan Kabupaten Karanganyar tadi pagi, Senin (28/9) di Ruang Podang II Setda Kabupaten Karanganyar. Pada Acara tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Karanganyar Drs. Juliyatmono M.M.

Perpustakaan Umum Kabupaten Karanganyar sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat di luar sekolah sebagai institusi untuk menopang sektor pendidikan menjadi lembaga yang amat penting keberadaannya. Hubungan antara minat baca dan perpustakaan saling berkaitan.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa petugas perpustakaan harus seperti Kick Andy yang menyegarkan dan menyemangati orang-orang agar senang membaca. Orang keluar masuk perpustakaan mencari buku yang ingin di baca dan di inventaris, maka perpustakaan harus mempunyai buku populer atau buku best seller. “Jangan Menyepelekan Orang Membaca” Membaca itu sebagai jendela dunia, membaca adalah pintu untuk memajukan kehidupan kita, pesan bupati.

Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip, Susamti,S.S, M.M. melaporkan permasalahan yang di hadapi dalam pengelolaan perpustakaan antara lain, sistem pembelajaran belum membuat anak-anak membaca buku di luar paket pelajaran, budaya kita belum berbudaya baca, ketersediaan Perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat belum merata, Kompetensi tenaga pustakawan belum memadai, Kurangnya sarana prasarana perpustakaan, Lemahnya komitmen orang tua untuk menumbuhkan minat baca, Televisi, Mall dan Tempat Hiburan. Untuk kedepannya target program yang dicapai untuk mengatasi masalah ini adalah ‘Masyarakat Berbudaya Membaca’. Ft/pc.