Karanganyar Raih KABTA WEB AWARD Sebagai Website Pemerintah Kabupaten Terbaik

KABTA Web Awar
Bupati Karanganyar Drs. H Juliyatmono, MM menerima penghargaan KABTA Web Award 2015 yang diserahkan oleh Staf Ahli Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri) Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, Drs. H. Irman.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui website resminya www.karanganyarkab.go.id meraih penghargaan “Kabupaten-Kota (KABTA) Web Awards 2015” sebagai Website Pemerintah Kabupaten Kota Terbaik Nasional bersama dengan 5 website kabupaten dan 6 website kota lainnya se-Indonesia. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di gedung Beritasatu Plaza, Jakarta, pada Jumat (28/8) diterima langsung oleh Bupati Karanganyar Drs. H Juliyatmono, MM. Penghargaan ini diselenggarakan oleh portal nasional Beritasatu.com, sebuah portal berita yang berkedudukan di Jakarta. Situs resmi yang dikelola oleh Bagian PDE Setda Karanganyar ini berhasil memenangkan seleksi ketat diantara 416 Kabupaten yang tergabung dalam APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se-Indonesia).

KABTA Web Awards bertujuan mendorong pemerintah daerah, khususnya pemerintah kabupaten dan kota, memberi perhatian lebih pada pengelolaan web masing-masing. Di era teknologi informasi yang terus berkembang, kehadiran web semakin diperlukan. Di samping menjadi sarana komunikasi dan informasi publik, pemerintah daerah bisa memanfaatkan web untuk mempromosikan potensi daerah untuk menarik minat investor.

“Sebagai upaya untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, dan mendorong upaya transparansi, Beritasatu memberikan penghargaan website terbaik yang dikembangkan dan dikelola pemkab dan pemkot,” ujar Pemred Beritasatu.com, Primus Dorimulu saat menyampaikan sambutan pembukaan.

Ketua Dewan Juri, Abang Edwin, seorang Technopreneur & Online Strategist menjelaskan bahwa penilaian web pemerintah ini sudah dilakukan pada 25 Maret sampai akhir Mei 2015 oleh tim internal dan dewan juri yang beranggotakan Abang Edwin, Kartika Djoemadi, Konsultan PR Bidang Pemerintahan, Adriansyah, Kepala Keuangan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), dan Sarimun Hadisaputra, Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Dari 416 kabupaten dan 98 kota yang terdaftar oleh APKASI dan APEKSI, tim internal dan dewan juri “KABTA Web Awards” memilih 369 web Kabupaten dan 96 web Kota untuk dinilai. Setelah melalui beberapa tes dan pengecekan seperti  Google indexing, tercatat Alexa Indonesia, dan lolos Drop Test Web dengan technical error dibawah 150, maka didapat 297 web kabupaten dan 70 web kota.

Web kabupaten dan kota ini kemudian dinilai lagi berdasarkan Konten (30%), Navigasi (25%), Aksesbilitas (15%), Estetika (10%), Aktualitas (20%), sehingga didapat 6 website kabupaten dan 6 website kota terbaik. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Kabta Web Awards 2015, untuk kategori Kabupaten:

  1. Bojonegoro
  2. Banyuwangi
  3. Karanganyar
  4. Kerawang
  5. Trenggalek
  6. Pulau morotai

Kabta Web Awards 2015, untuk kategori Kota:

  1. Malang
  2. Jakarta Timur
  3. Surabaya
  4. Padang Panjang
  5. Denpasar
  6. Surakarta

Selain itu KABTA Web Award juga diberikan kepada 3 web kabupaten dan 3 web kota favorit menurut pilihan pembaca.

KABTA Web Award
Para pemenang KABTA Web Award 2015 berfoto bersama dengan penitia penyelenggara dan dewan juri. Pada acara ini penghargaan diberikan langsung pada kepala daerah dari Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pulau Morotai, Kota Malang, Kota Surabaya, dan Kota Banda Aceh.

Acara ini ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri) Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, Drs. H. Irman, mewakili Mendagri, Tjahjo Kumolo, yang tidak bisa hadir.

“Situs adalah alat komunikasi antara kita dan masyarakat. Jadi, penting untuk pemerintah daerah. Melalui situs masyarakat bisa mengetahui apa yang sudah direncanakan pemimpin daerah,” ujar Irman dalam sambutannya.

Irman juga menghimbau kepada Kabupaten dan Kota yang telah mendapat penghargaan Kabta Web Award 2015 untuk tetap meningkatkan situs mereka dan mencari inovasi-inovasi yang terbaik untuk masyarakat. dnu/es