Gapoktan Terima Bantuan 25 Mini Combine Harvester

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat mencoba untuk panen padi mengunakan mini combine harvester, Jumat (28/08)
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat mencoba untuk panen padi mengunakan mini combine harvester, Jumat (28/08)

Karanganyar, Sabtu (29/08/2015)
Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Karanganyar mendapatkan bantuan Mini Combine Harvester dari Pemerintah Pusat.

Penyerahan secara simbolis diberikan Bupati Karanganyar Juliyatmono, didampingi Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda, di areal persawahan Dusun Jikut, Desa Gondangmanis, Kecamatan Karangpandan, Jumat (28/08) kepada Ketua Gapoktan Sayuk Karyo 2 Parno, Desa Ngadirejo, Kecamatan Mojogedang.

“Ke 25 mesin pertanian itu diperuntukkan Kecamatan Kerjo 2 unit, Gondangrejo 3 unit, Jaten 3 unit, Jumapolo 1 unit, Tasikmadu 5 unit, Colomadu 1 unit, Kebakkramat 3 unit, Karanganyar 2 unit, Jatipuro 1 unit, Mojogedang 1 unit, Matesih 1 unit, dan Karangpandan 2 unit,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) Kabupaten Karanganyar Supramnaryo, saat dilokasi.

Bupati Juliyatmono mengatakan pemerintah pusat sudah banyak memberikan alat-alat pertanian untuk kelompok tani, bertujuan mengurangi biaya pertanian.

“Supaya ada hasil untuk mensejahterakan keluarga petani.Petani bisa panen itu senang sekali, namun jika dihitung-hitung proses bertani ternyata tidak ada labanya. Apalagi sekarang ini sudah susah mencari tenaga menanam padi,” katanya.

Dia meminta agar alat pertanian itu untuk dirawat dengan baik, jangan cepat rusak. Alat ini untuk mempercepat dan memudahkan memanen padi. pd