394 Jamaah Calhaj Jalani Manasik Haji

Jamaah calon haji dari Kabupaten Karanganyar saat praktik manasik haji di halaman Masjid Agung

Jamaah calon haji dari Kabupaten Karanganyar saat praktik manasik haji di halaman Masjid Agung, Rabu (26/08)

Karanganyar, Rabu (26/08/2015)
Jamaah Calon Haji Kabupaten Karanganyar sebanyak 394 orang menjalani manasik haji teori yang dilaksanakan pada, Selasa (25/08) di Gedung Wanita.

Sedangkan untuk manasik haji praktek akan dilakukan pada, Rabu (26/08) di beberapa tempat lokasi.

Menurut Siti Maisyaroch, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Karanganyar sebagai Ketua Penyelenggara Manasik Haji tahun 2015, lokasidi Masjid Agung Karanganyar digunakan sebagai Miqot, Thowaf, Sai dan Takhalul

“Di lapangan Harjosari, Popongan untuk Arofah, Wukuf, lapangan Wonorejo Bejen untuk Musdzalifah, lapangan belakang DPRD untuk Mina melempar Jumroh Aqobah, Jumroh Wustho, dan Masjid Agung untuk Thowaf Wada’,” katanya saat di Gedung Wanita Karanganyar, kemarin.

Dia juga menjelaskan Calon Haji Kabupaten Karanganyar Tahun 2015 terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 66 sejumlah 307 orang terdiri dari tujuh rombongan, 28 regu.Dari 394 orang itu terdiri dari 197 laki-laki dan 197 perempuan.

“Berangkat pada, Minggu 13 September 2015, jam 20.00 WIB masuk ke Asrama Haji Donohudan, dan kloter 67 sejumlah 87 orang terdiri dari dua rombongan, dan delapan regu. Masuk ke Donohudan pada, Senin 14 September 2015, jam 09.00 WIB,” katanya.

Ditempat yang sama Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar Museri mengatakanvisa belum selesai sebanyak 19 orang.

“Diharapkan sambil menunggu waktu (sebelum berangkat) pengurusan visa sudah selesai,” ujarnya.
Bupati Karanganyar Juliyatmono yang hadir didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo mengatakan, penyelengaraan pemberangkatan calon haji sampai Embarkasi dan pemulangan haji dari Debarkasi dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

“Tidak ada pungutan, saya tegaskan ini gratis,” kata Bupati Juliyatmono.

Dia juga ingin memastikan nomer hp jamaah calon haji yang sakit untuk diketahui panitia penyelenggara haji Kabupaten Karanganyar, untuk memudahkan berkoordinasi jika ada sesuatu hal yang penting.

Juliyatmono pada kesempatan tersebut juga berpesan untuk khusuk untuk menjalankan ibadah haji.

“Jangan ada punya pikiran yang jelek. Fokus untuk beribadah haji, hati senang dan sehat,” katanya.pd