Peserta Karnaval Membludak

Bupati Karanganyar Juliyatmono (kiri), Wakil  Bupati Karanganyar Rohadi Widodo (kanan, melambaikan tangan) dan para Forkopimda dibelakangnya saat naik kuda, Kamis (20/08)
Bupati Karanganyar Juliyatmono (kiri), Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo (kanan, melambaikan tangan) dan para Forkopimda dibelakangnya saat naik kuda, Kamis (20/08)

Karanganyar, Jumat (21/08/2015)
Antusias masyarakat Kabupaten Karanganyar untuk merayakan memeringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 tahun ternyata sanggat tinggi.

Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya para peserta karnaval 17an itu hingga mencapai 13.500 orang. Kelompok peserta berasal dari para pelajar SD sederajat hingga SMA sederajat, Mahasiswa, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Ormas, kelompok masyarakat, BUMD, dan Perusahaan. Acara yang dimulai pukul 13.30 itu berakhir hingga petang.

Menariknya, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dan Forkopimda Kabupaten Karanganyar berdadan ala pejuang kemerdekaan dengan mengendarai kuda.

Penampilan salah satu kelompok peserta
Penampilan salah satu kelompok peserta

Mereka disepanjang jalan yang dilalui perserta karnaval dari Alun-alun Kabupaten Karanganyar, melewati Jalan Lawu hingga finish didepan Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar menyapa ribuan penonton, Kamis (20/08) sepanjang 1,5 kilometer.

Setiap kelompok peserta memakai tema yang berbeda-beda, ada yang bertema pakaian tradisional, budaya, kesenian, nasionalisme, dan aneka jenis tema lainnya.

Bahkan ada yang membawa Bendera Merah Putih dengan panjang 114 meter dan lebar 3 meter. Ada pula yang mengusung patung raksasa, menampilkan reog, terdapat pula satu kelompok dengan diikuti sekitar 1200 orang.

Patung raksasa diusung puluhan orang
Patung raksasa diusung puluhan orang

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Karanganyar, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga masyarakat yang turut andil mengikuti karnaval ini,” kata Bupati Juliyatmono.

Sungguh luar biasa partisipasi yang tinggi, lanjut Bupati, dan para penonton hingga ribuan yang melihat.”Sebagai warga Kabupaten Karanggar tetaplah jaga persatuan, kesatuan, kerukunan dan kekompakkan,” kata Bupati. pd