Karnaval Salah Satu Bentuk Nasionalisme

Karnaval sebagai rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 tahun, di Kabupaten Karanganyar diadakan di 16 Kecamatan.

Karnaval sebagai rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 tahun, di Kabupaten Karanganyar diadakan di 16 Kecamatan.

Karanganyar, Selasa (18/08/2015)
Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 di Kabupaten Karanganyar, diadakan karnaval.

Karnaval yang telah memasuki tahun kedua ini, pada masa kepimpinan Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo diadakan serentak di 16 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada, kecuali Kecamatan Karanganyar yang ikut melangsungkan karnaval di tingkat Kabupaten pada Kamis (20/08/2015) mendatang.

Kemudian, Pemkab Karanganyar membagi beberapa tim untuk melihat langsung kemeriahan pesta perayaan Kemerdekaan Indonesia ke 70 tahun.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mendapat bagian untuk melihat karnaval di Kecamatan Jaten, Kebakkramat, Gondangrejo, dan Colomadu.

Sedangkan untuk Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo mendatangi di Kecamatan Matesih, Karangpandan, dan Tawangmangu. Ditempat lain juga didatangi beberapa Kepala SKPD dan Pimpinan BUMD.

Dari setiap peserta pawai karnaval yang diikuti para pelajar dan PNS, menampilkan ciri khas tema yang berbeda-beda. Ada yang mengusung tema pakaian adat tradisional dari suku-suku di Indonesia. Tema pendidikan dengan memakai seragam sekolah dengan membawa bendera merah putih ukuran kecil.

Terdapat pula Paskibrata Tingkat Kecamatan, kelompok drum band, pertanian dan olahraga.

“Ini merupakan salah satu wujud untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dari masyarakat. Tentunya kita dorong terus kecintaan terhadap bangsa dan negara, seperti dengan karnaval ini,” jelas Bupati Juliyatmono, Selasa (18/08) saat melihat karnaval di depan Balai Desa Nangsri, Kecamatan Kebakkramat.

Pesan atas nama Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk jaga semangat gotong royong, tingkatkan persatuan dan kesatuan, kompak, dan membantu sesama.

“Dengan karnaval kita tumbuhkan rasa cinta tanah air dan kebhinekaan,” katanya.pd