Seputar Lebaran di Kabupaten Karanganyar Tahun 2015

Dalam rangka Idul Fitri 1436H / 2015M yang telah dilalui beberapa saat lalu, Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan berbagai kegiatan sebagai berikut :

Pawai Ta’aruf

kominfo

Peserta Pawai Ta’aruf Saat Melintasi Jalan Lawu, Selasa Pagi (16/06)

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436H, Pemkab Karanganyar bekerjasama dengan Kementrian Agama dan MUI Kab. Karanganyar menggelar pawai ta’aruf yang telah berlangsung pada hari Selasa Pagi (16/06).

Lebih kurang lima ribu peserta Pawai Taaruf memenuhi Alun-Alun Karanganyar sejak pukul 06.00 WIB. Mereka terdiri atas anak-anak sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan Perguruan Tinggi se Kab. Karanganyar, tidak ketinggalan pula Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kab. Karanganyar, Ormas Islam Muhammadiyah, MTA, LDII Karanganyar, BUMD, BUMN serta Perbankan Syariah di wilayah Karanganyar. Peserta Pawai diberangkatkan dari alun-Alun oleh Sekda Karanganyar Samsi dengan berjalan kaki menuju sepanjang Jalan Lawu sampai di Jembatan Buk Siwaluh untuk finishnya.

Perhelatan pawai Taaruf ini bertujuan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H dengan kegembiraan selain itu utamannya adalah guna mempererat tali silaturrahmi antara para muslimin agar lebih akrab.

Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar bersama Forkompinda, Ka. SKPD dilingkup Karanganyar, Camat di 17 Kecamatan se Kab. Karanganyar Tokoh masyarakat serta warga masyarakat menyaksikan secara langsung perhelatan Pawai Ta’aruf tersebut.

Kegiatan yang telah berlangsung ke-empat kalinya ini diharapkan dapat mengingatkan seluruh masyarakat Karanganyar khususnya agar tetap melakukan hal-hal yang positif, tingkatkan rasa bertoleransi dan para kaum muslimin agar meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan memakmurkan masjid diantaranya melaksanakan shalat Tarawih, I’tikaf, tadarus Al-qur’an serta berinfaq dan berzakat.

Taraweh Keliling

Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo memberikan berbagai bantuan pada tarawih keliling, Minggu (28/06) di Balai Desa Ngargoyoso

Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo memberikan berbagai bantuan pada tarawih keliling, Minggu (28/06) di Balai Desa Ngargoyoso

Pelaksanaan Taraweh Keliling (Tarling) di Kabupaten Karanganyar merupakan kegiatan rutin tiap tahun di bulan Ramadhan. Diadakannya Tarling ini selain untuk beribadah melainkan juga menjadi wadah bagi pemerintah dalam hal ini Bupati beserta Wakil Bupati dan jajaran SKPD untuk bersilaturahmi dengan warga Karanganyar. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Juni sampai dengan 16 Juli di 17 kecamatan se Kabupaten Karanganyar dan Masjid Agung Karanganyar menjadi tempat pertama pelaksanaan Sholat taraweh. Bersamaan dengan tarling 1436 H/2015 M diserahkan santunan/bantuan berupa 17 paket saranan ibadah, 425 paket sembako kepada keluarga kurang mampu di lokasi tarling.

 Pada saat Tarling di Balai Desa Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso, Minggu (28/06), Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan berbagai bantuan ke masyarakat setempat. Berbagai bantuan tersebut berupa paket ramadhan dari Tim Tarling Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Karanganyar, kepada takmir masjid Al Mukmin (lokasi tarling), dan kartu peserta jamesda integrasi JKN kartu BPJS Kesehatan Kabupaten Karanganyar kepada sembilan Kepala Desa se Kecamatan Ngargoyoso dengan jumlah 216 kartu BPJS.

Selain itu juga diberikan insentif jasa tenaga kader posyandu periode Januari-Juni 2015 untuk 337 orang, sedangkan jumlah posyandu sebanyak 67 posyandu, masing masing kader mendapatkan Rp. 112.800.00, dengan jumlah total Rp. 38.013.600,

Pada acara itu yang di hadiri Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Forkopimda, Sekda, Instansi vertikal, Kepala SKPD, BUMD dan BUMD juga diberikan bantuan sosial akabiat bencana alam kepada 21 KK. Untuk kategori sedang 6 KK memperoleh Rp.1,5 juta, kategori ringan sebanyak 15 KK Rp. 750 ribu. Sehingga totalnya Rp. 20.250.000.

Tak hanya itu saja, juga diberikan sebanyak 25 paket sembako untuk warga kurang mampu. Bupati Juliyatmono mengatakan ada yang mendapatkan bantuan sedikit yang dulu rumanya mendapatkan musibah.

“Ada yang terkena longsor. Bantuan itu untuk meringankan bukan menyelesaikan,” kata Juliyatmono.

Dia juga menuturkan pemberian bantuan juga untuk memberikan motivasi semangat dalam bekerja setiap hari.

Karanganyar Bertakwa

kominfo

Bupati Karanganyar Bersama Wakil Bupati Karanganyar Membaca Al-Qur’an Setelah Melaksanakan Apel Pagi Selama Bulan Ramadhan 1436H

Selama bulan ramadhan tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menghimbau agar setiap PNS muslim di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengaji. Dimulai dari setelah apel pagi pukul 07.45 WIB, lalu dilanjutkan untuk membaca Al Qur’an maupun terjemahan selama satu jam. Mereka berkumpul di aula masing-masing, kemudian bila sudah bisa membaca huruf arab maka untuk membacanya dan dengan terjemahannya. Namun bila ada yang belum bisa, boleh membaca huruf latin dengan terjemahan, atau hanya terjemahannya saja.

“Kegiatan mengaji ini merupakan Gerakan Karanganyar Bertakwa Tahun 2015. Acara itu juga telah diselenggarakan pada tahun 2014 kemarin,” kata Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, saat di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/06)

Untuk memantau pelaksanaan mengaji itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo mendatangi setiap SKPD, namun keduanya berpencar.

“Kita ingin memastikan bagaimana pelaksanaan di SKPD masing-masing,” ujar Wakil Bupati Rohadi Widodo.

Ternyata dari kunjungan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), dan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) terlihat antusias PNS untuk mengaji.

“Diawali yang duduk dari depan membacanya, yang lain menyimpak dulu, kemudian bergantian,” jelas Rohadi Widodo.

Dengan begitu, lanjut dia setiap PNS harapannya dapat memahami dari setiap ayat tersebut. Tidak hanya itu saja namun juga dapat menjadi pedoman hidup baginya.

“Diharapkan di bulan baik ini kualitas pemahaman agama bisa meningkat, sehingga dapat membentuk pribadi yang lebih baik. Dalam menjalankan tugas dapat lebih efektif dan produktif,” jelas Bupati Juliyatmono, Kamis (18/06) di ruang Podang, Setda Kabupaten Karanganya, saat Launching Karanganyar Bertakwa.

Harapannya, lanjut Bupati dengan proses pembiasaan ini akan terbentuk kualitas individu yang lebih baik.

 

Peringatan Nuzulul Qur’an

kominfo

Bupati Karanganyar Juliyatmono Saat Memberikan Sambutannya Peringatan Nuzulul Qur’an di Pendopo Rumdin Bupati, Kamis Malam (03/07)

Guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karanganyar, PNS dilingkungan Karanganyar bersama warga masyarakat melaksanakan Sholat Tarawih berjama’ah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (3/7) yang sebelumnya diadakan buka bersama.

Lebih lanjut bertepatan pada peringatan Nuzulul Qur’an pada malam hari ini, selain sebagai wujud pelaksanaan misi kelima Bupati/Wakil Bupati Karanganyar yaitu Meningkatkan kualitas keagamaan, Sosial dan Budaya dalam rangkaian program Gerakan Karanganyar Bertaqwa tahun 2015 lebih untuk mempererat hubungan Pemerintah Karanganyar dengan warga masyarakat agar lebih dekat.

Sementara itu Bupati Karanagnyar Juliatmono saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa Peringatan Nuzulul Qur’an ini mengingatkan kembali kepada kita awal turunnya Al-qur’an sebagai firman Allah SWT kepada Nabi Muhammad.

“Sebagai muslimin kita wajib membaca dan memahami makna Al-Qur’an sebagai pedoman ditengah-tengah kehidupan berkeluarga, bernegara dan bermasyarakat sehingga tercipta masyarakat Karanganyar yang madani khususnya,” kata Juliyatmono.

Rangkaian acara peringatan Nuzulul Qur’an tersebut ditutup dengan penyampaian tausiah oleh Ustad dr. Agus dari Sragen yang menitikberatkan pada keutamaan puasa dapat meningkatkan kesehatan jasmani maupun rohani.

Pasar Murah

kominfo

Bupati Karanganyar Juliyatmono Saat Giat Pasar Murah Di Gedung Wanita Karanganyar, Kamis Pagi (09/07)

Kegiatan pasar murah ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri 1436 H/2015. Pasar ini digelar mulai tanggal 20 Juni sampai dengan 9 Juli di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar. Salah satunya Pasar Murah Kecamatan Karanganyar yang bertempat di Gedung Wanita, pada Kamis pagi (09/07).

Adapun barang yang tersedia berupa sembako seperti beras IR64, gula pasir, minyak goreng, sirup botol, teh dan mie instan yang dapat dibawa pulang lewat pembelian kupon yang telah disediakan oleh panitia. Paket sembako ini dijual dibawah harga pasar dan ditujukan bagi masyarakat kurang mampu, semisal untuk gula pasir 2 kg dijual hanya Rp. 20.000,- saja sedangkan untuk beras IR64 5 kg dihargai Rp. 35.000,-

Selain paket sembako diatas, akan banyak ditemui juga barang kebutuhan pokok lainnya antara lain daging, ayam, ikan segar, telur, sayur mayur, bumbu masak dan kebutuhan rumah tangga lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kentang, wortel, cabe  merah, tomat, kembang kol, kobis

“Saya merasa senang dan matur nuwun kepada semua pihak baik Perekonomian, Dispertanbunhut, Disperindagkop dan UMKM, DWP Karanganyar yang telah mempersiapkan semuanya.” Ujar Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Distribusi Zakat

Wakil Bupati Karanganyar H. Rohadi Widodo, SP didampingi Ketua  Baznas Kab. Karanganyar melepas keberangkatan pendistribusian beras zakat, Selasa (14/07/2015) di Halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Wakil Bupati Karanganyar H. Rohadi Widodo, SP didampingi Ketua Baznas Kab. Karanganyar melepas keberangkatan pendistribusian beras zakat, Selasa (14/07/2015) di Halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo didampingi Ketua Baznas Kabupaten Karanganyar bersama Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Karanganyar memberangkatkan Pendistribusian Beras Zakat sebanyak 23 ton yang akan didistribusikan ke Takmir-takmir Masjid se Kabupaten Karanganyar untuk dibagikan kepada fakir miskin dan warga kurang mampu di wilayah Karanganyar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Selasa (14/07).

“Barusan saya bersama Pengurus Baznas dan Forkopimda melepas keberangkatan pendistribusian beras zakat Baznas Karanganyar. Pengumpulan zakat fitrah pada tahun ini mengalami peningkatan dari 22 ton menjadi 23 ton. Yang mana akan disalurkan sampai ke yang berhak menerima sehingga tidak terjadi desak-desakan/injak-injakan, yang pada tahun-tahun sebelumnya zakat fitrah kita kumpulkan di Masjid Agung,” terang Rohadi Widodo.

Rampak Bedug dan Takbir

kominfo

Berurutan dari kiri, Kepala FKUB Karanganyar, Bupati Karanganyar, dan Wakil Bupati Karanganyar Memukul Bedug Gema Takbir, Kamis Malam (16/07)

Salah satu kelompok peserta saat tampil di Lomba Rampak Bedug  Kabupaten Karanganyar Tahun 2015, Kamis (16/07) di halaman Masjid Agung Karanganyar.

Salah satu kelompok peserta saat tampil di Lomba Rampak Bedug Kabupaten Karanganyar Tahun 2015, Kamis (16/07) di halaman Masjid Agung Karanganyar.

Menjelang malam takbiran untuk menyambut Idul Fitri 1436 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karanganyar mengadakan Lomba Rampak Bedung. Lomba tersebut diikuti sebanyak 17 kelompok, masing-masing mewakili 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, berlangsung di halaman Masjid Agung Karanganyar, Kamis (16/07) siang. Ketua Panitia Lomba Rampak Bedug Abdul Muid menjelaskan lomba ini telah berlangsung selama lima tahun.

 “Masing-masing kelompok pada babak awal diberi waktu selama 10 menit untuk tampil. Aspek penilaian meliputi kefasihan lafal, kemerduan, dan keutuhan suara,” ujar Abdul Muid.

 Kemudian dikatakannya lebih lanjut, diambil enam terbaik untuk babak final yang dilangsungkan malam nanti, dengan waktu 15 menit untuk setiap kelompok. Diambil juara 1,2,3 dan Harapan 1,2,3

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo berkesempatan membuka acara tersebut dengan ditandai pemukulan bedug. Saat acara pembukaan, Rohadi Widodo mengatakan dengan adanya lomba ini bisa melestarikan seni Islami.

“Mudah-mudahan bisa menambah keimanan dan kecintaan kita pada seni Islam,” pungkasnya.

 

Sholat Idul Fitri

kominfo

Bupati Karanganyar Juliyatmono Saat Khotbah Sholat Idul Fitri di Lapangan Jatipuro, Jumat Pagi (17/07)

kominfo

Bersalam-Salaman Saling Mengucap Mohon Maap Lahir dan Batin

Tidak seperti bulan Ramadhan tahun lalu, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar bersama keluarga melaksanakan sholat Ied di Lapangan Kecamatan Jatipuro. Didampingi SKPD terkait seperti Assisten 3 Setda Karanganyar, Dishubkominfo, BKD, Satpol PP dan Bagian Kesra Setda Karanganyar, rombongan berangkat dari Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada pukul 05.00 WIB dan tiba dilokasi 40 menit kemudian. Sekitar 2000an warga sekitar Jatipuro memadati tempat dilaksanakannya sholat.

Bertindak sebagai Imam Sholat adalah Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dan Khotib Bupati Karanganyar Juliyatmono. Dalam khotbahnya Juliyatmono mengajak seluruh warga Karanganyar terkhusus warga Jatipuro untuk senantiasa menjadi manusia yang lebih baik. Bulan Ramadhan yang baru saja dilalui, hendaknya semangat itu dibawa kedepan hingga ramadhan-ramadhan berikutnya.

“Puasa adalah cara Allah untuk menghidupkan kembali takwa kita kepada-Nya”, tambah Juliyatmono

Sebelum meninggalkan Jatipuro, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436H kepada masyarakat yang hadir dalam sholat tersebut. Warga pun antusias dan berbaris rapi untuk menyalami Bupati dan Wakil Bupati.

Open House

Bupati Karanganyar Juliyatmono terlihat menyalami para tamu, pada Open House, Jumat (17/07) di Pendopo Rumah DInas Bupati Karanganyar.

Bupati Karanganyar Juliyatmono terlihat menyalami para tamu, pada Open House, Jumat (17/07) di Pendopo Rumah DInas Bupati Karanganyar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh Supriyanti dan keluarga saat menyalami tamu di acara halal bihalal warga Tawangmangu, Senin (20/07) pagi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh Supriyanti dan keluarga saat menyalami tamu di acara halal bihalal warga Tawangmangu, Senin (20/07) pagi.

Hari pertama, Idul Fitri 1436 Hijriah, dimanfaatkan ratusan warga dari berbagai elemen untuk bersilaturahmi dengan Bupati Karanganyar Juliyatmono, Jumat (17/07) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Pelaksanaan open house itu dimulai pukul 09.30 WIB. Ditandai dengan pembacaan ikrar dihadapan Bupati Juliyatmono, Wakil Bupati Rohadi Widodo dan Forkopinda, oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar Samsi, didampingi para Staf Ahli Bupati dan para Asisten.

Setelah pembacaan ikrar dan diterima oleh Bupati Juliyatmono dengan mengucapkan Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1436 Hijriah, serta permintaan maaf selesai. Semua orang yang hadir disitu langsung rebutan bersalaman dengan Bupati.

“Pada kesempatan ini saya meminta maaf yang setulus-tulusnya kepada semua warga Kabupaten Karanganyar. Mari kita bangun dan majukan Karanganyar yang kita cintai ini,” ucap Bupati.

Mereka berebut untuk bisa berjabat tangan dengan Bupati Juliyatmono beserta isteri, Siti Komsiah Juliyatmono, hingga antrian terlihat cukup panjang dan banyak. Tak hanya itu saja, mereka juga saling berjabat tangan saling memaafkan dengan Wakil Bupati Rohadi Widodo dan dr Hadiasri Widyasari Rohadi Widodo. Disampinginya terdapat pula Forkopinda dan Sekda Samsi.

Mereka juga diberi hidangan makanan dan minuman seperti opor ayam, bakso, sate ayam, es cincau, dan siomay.

Masih pada saat moment yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengadakan open house di tempat kelahirannya, yakni RT 03/RW 02, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar pada hari Senin (20/07). Acara halal bihalal di rumah itu dimulai pukul 09.30. Diawali dengan ucapan selamat datang dari keluarga. Kemudian dilanjutkan sambutan Bupati Juliyatmono.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Tengah, hadir di tempat kelahiran. Juga mewakili masyarakat Kabupaten Karanganyar mengucapkan terima kasih, karena sudah banyak bantuan untuk pembangunan yang diberikan untuk Kabupaten Karanganyar. Ada banyak salah, kami mohon maaf lahir batin,” kata Juliyatmono.

Kemudian dilanjutkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo dengan menceritakan tentang masa kecil di tempat tersebut. Dia juga mengenalkan satu persatu keluarga besar yang juga hadir.

“Ada keinginan greng batin, tidak bisa meninggalkan tempat masa kecil,” kata Ganjar Pranowo.

Ganjar juga mengucapkan minta maaf, lahir dan batin. Dua tahun ini memimpin Jawa Tengah ada banyak salah dan kekurangan.

Demikian DISHUBKOMINFO (Seksi Informasi dan Pemberitaan)