Transportasi Umum Nyaman, Lonjakan Pemudik Lebih Kecil

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat meninjau pos pengamanan Palur, Kecamatan Jaten, Rabu (15/07)

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat meninjau pos pengamanan Palur, Kecamatan Jaten, Rabu (15/07)

Karanganyar, Kamis (16/07/2015)
Bupati Karanganyar Juliyatmono, Komandan Kodim 0727 Karanganyar Letkol Marthen Pasunda dan beberapa jajaran terkait meninjau enam Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2015.

Rombongan tersebut keliling dimulai dari Pos Colomadu, Sroyo, Palur, Bejen, Karangpandan, dan di Tawangmangu.

Dari hasil pantauan tersebut, Bupati Juliyatmono menuturkan H-2 (kemarin) lonjakan pemudik jauh lebih kecil daripada tahun kemarin.

“Ini bisa disebabkan banyak pemudik mulai memakai transportasi umum yang nyaman. Adapula fasilitas mudik gratis sehingga mengurangi memakai kendaraan pribadi,” ujar Juliyatmono, Rabu (15/07) saat meninjai Pos di area pasar Tawangmangu.

Seperti yang dilakukan Pemkab Karanganyar memfasilitasi pemudik dari Jakarta menggunakan armada 15 bis. Tercatat sebanyak 705 pemudik ikut mudik gratis itu, dan tiba di Kabupaten Karanganyar, Minggu (12/07).

Dia menambahkan, fasilitas masing-masing Pos juga relatif memadai. Bahkan di Sroyo juga ada pijat gratis bagi pemudik. Di setiap Pos disiagakan petugas kesehatan dokter dan PMI.

“Namun yang perlu diwaspadai di Palur, Jaten. Karena ada pembangunan fly over yang masih belum selesai. Untuk itu perlu diperbanyak petugas agar tidak ada penumpukan kendaraan yang lama,” ujarnya.

Selanjutnya, bagi pemudik yang akan ke Jawa Timur melewati Tawangmangu-Sarangan atau sebaliknya, bisa mengunakan jalur jalan tembus di Tawangmangu.

“Jalurnya dibuka untuk memperlancar arus. Tetapi kita himbau untuk tetap hati-hati, karena masih ada tebing rawan longsor,” katanya. pd