Pemkab Karanganyar Peroleh Pendapatan Tiket Grojogan Sewu

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat membeli tiket masuk Grojogan Sewu, Tawangmangu, Rabu (15/07) di loket pintu 2, Sekrincing setelah acara launching.
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat membeli tiket masuk Grojogan Sewu, Tawangmangu, Rabu (15/07) di loket pintu 2, Sekrincing setelah acara launching.

Karanganyar, Rabu (15/07/2015)
Mulai hari, Rabu (15/07/2015) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan tiket masuk Taman Wisata Alam (TWA) Grojogan Sewu, Kecamatan Tawangmangu.

Hal tersebut merupakan hasil Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Karanganyar dengan PT Duta Indonesia Djaya.

PKS itu juga telah dapat pengesahan dari Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (14/07/2015) kemarin di Jakarta.

Direktur PT Duta Indonesia Djaya Soekirdi menuturkan pihaknya siap melaksanakan hasil PKS yang telah disepakati, yakni Pemkab Karanganyar memperoleh uang sebesar Rp. 2.200 dari hasil penjualan setiap tiket masuk.

Di TWA Grojogan Sewu, tiket masuk turis domestik dijual Rp. 12.500 untuk hari biasa, dengan rincian Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp. 5.000,00. Asuransi sebesar Rp. 100,00, Retribusi Kebersihan Kota (RKK) Rp. 200,00 (sudah termasuk untuk kas daerah), dan Pemegang Ijin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) sebanyak Rp. 5.200,00.

“Untuk hari libur atau cuti bersama menjadi Rp. 15.000 per tiket, dengan rincian Rp. 7.500,00 masuk ke PNBP dan lainnya sama saat hari biasa,” ujarnya.

Sebelumnya, PT Duta Indonesia Djaya dapat kepercayaan dari Kementerian Kehutanan (saat itu) berupa ijin pengelolaan dari tahun 2009 dan berakhir tahun 2029.

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat acara Launching Tiket Masuk TWA Grojogan Sewu, di loket pintu 2, Sekrincing mengucapkan terima kasih kepada Dirjen KSDAE, telah memberikan restu Pemkab Karanganyar menjalin kerja sama dengan PT Duta Indonesia Djaya.

“Hari ini secara legalitas kerja sama itu telah melahirkan kesepakatan bersama, untuk menjaga wisata alam ini sebaik-baiknya,” ujar Bupati Juliyatmono, Rabu (15/07).

Pemerintah Kabupaten Karanganyar juga mulai gencar mempromosikan Grojogan Sewu. Selain itu juga akan mengadakan penghijauan disekitar sumber air.

Di luar TWA Grojogan Sewu akan ada penataan sarana dan prasarana agar lebih menarik. pd