JELANG LEBARAN, KARANGANYAR GELAR PASAR MURAH

Guna membantu meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri 1436 H/2015, Pemerintah Kabupaten Karanganyar menggelar pasar murah di 17 Kecamatan se Karanganyar. Salah satunya Pasar Murah Kecamatan Karanganyar yang bertempat di Gedung Wanita, Kamis pagi (09/07).

Pada kesempatan tersebut, Timotius Suryadi selaku Kepala Bagian Perekonomian Setda Karanganyar mengatakan bahwa pembelian paket sembako dibawah harga pasar ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat khususnya warga kurang mampu dengan cara membeli kupon yang telah disediakan oleh panitia.

“ Gelar pasar murah ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Karanganyar setiap tahunnya jelang hari raya Idul Fitri dengan tujuan untuk menjaga pasokan kebutuhan utama/komoditas sekaligus meringankan beban masyarakat kurang mampu. Kami telah menyediakan paket sembako yang berisi beras jenis IR 64 sebanyak lima kilogram (Rp.7000/kg), gula pasir dua kilogram ( Rp. 10.000/kg), minyak goreng satu liter (Rp. 10.000/ltr), sirup satu botol (Rp. 8000,-), teh satu pres (Rp. 16.000,-) dan mie instan sepuluh biji (Rp. 15.000,-). Paket ini dapat diperoleh warga dengan cara membeli kupon di tempat panitia penjualan. Selain itu, kami juga menyediakan daging, ayam, ikan segar, telur, sayur mayur, bumbu masak dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Pasar murah telah digelar secara serentak di 17 Kecamatan se Kabupaten Karanganyar, ” jelasnya.

Beberapa kebutuhan yang tersedia pada pasar murah Karanganyar, diantaranya : bawang merah (1/2 kg Rp. 7500,-), bawang putih (1/2 kg Rp. 8500,-), kentang (1 kg Rp. 8000,-), wortel (1/2 kg Rp. 2500,-), cabe  merah (1/4 kg Rp. 5000,-), tomat (1/2 kg Rp. 2000,-), kembang kol (1 kg Rp. 6000,-), kobis (1 kg Rp. 4000,-).

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan segala sesuatunya guna kelancaran kegiatan pasar murah ini. “ Saya merasa senang dan matur nuwun kepada semua pihak baik Perekonomian, Dispertanbunhut, Disperindagkop dan UMKM, DWP Karanganyar yang telah mempersiapkan semuanya. Pada kesempatan berbahagia ini saya mengingatkan kepada semua saja, pada saat merayakan hari raya nanti agar tetap selalu waspada, jaga keamanan rumah dan lingkungan. Karena pada saat-saat itulah biasanya tangan-tangan jahil mulai melakukan aksinya. Maka jika akan bepergian ataupun mudik untuk mengecek setiap pintu rumah apakah sudah dikunci dengan benar atau belum, agar di momen-momen suka cita nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, ” saran Bupati saat memberikan sambutan sekaligus membuka Pasar Murah yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) , Kepala SKPD serta warga masyarakat Karanganyar. ind/ft