KTT Andini Lestari Maju Tingkat Nasional Lomba Peternak Sapi

KTT Andini Lestari mewakili Provinsi Jawa Tengah maju tingkat Nasional, Selasa (07/07/2015).

KTT Andini Lestari mewakili Provinsi Jawa Tengah maju tingkat Nasional lomba Manajemen Usaha Kelompok Peternak Sapi Potong, Selasa (07/07/2015).

Karanganyar, Rabu (08/07/2015)
Kelompok Tani Ternak (KTT) Andini Lestari maju mewakili Provinsi Jawa Tengah pada lomba Manajemen Usaha Kelompok Peternak Sapi Potong Tingkat Nasional Tahun 2015.

Ketua KTT Andini Lestari Sujoko Kiswanto mengatakan kelompoknya memiliki jumlah anggota sebanyak 43 orang, dengan usaha pokok kelompok pembibitan dan pengemukan. Selain itu juga pembuatan pupuk organik dan sebagian budidaya ikan lele, dan cacing.

“Di KTT ini populasi ternak sapi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, yakni sebanyak 88 ekor tahun 2013, tahun 2014 sebanyak 115 ekor dan sebanyak 142 ekor tahun 2015,” ujar Sujoko Kiswanto, Selasa (07/07/2015) saat paparan dihadapan tim penilai tingkat nasional di lokasi kandang ternak, Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

Lebih lanjut, dia mengatakan terdapat keunggulan dari kelompok tani tersebut, seperti pemanfaatan gas dari digester biogas kandang komunal telah tersalurkan pada tujuh rumah tangga, budidaya cacing memanfaatkan limbah kotoran sapi, budidaya lele memanfaatkan limbah kotoran sapi dengan di campur bahan lain sebagai makanan alternatif, dan budidaya sayuran organik di polybag dan lahan pertanian memanfaatkan limbah kotoran sapi sebagai pupuk.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Tim Penilai Wignyo Sadwoko mengatakan tim memverifikasi KTT Andini Lestari yang saat ini mengikuti tataran penilaian tingkat nasional masuk 10 besar.

“Ini rutin setiap tahun dilakukan, karena sebagai bentuk kepedulian apresiasi pemerintah terhadap peternak yang sudah mau melaksanakan pemeliharaan dan sudah mengelola usaha peternakan dengan baik,” katanya.

Hadir juga Bupati Karanganyar Juliyatmono, mengatakan semangat dan aura mudah-mudahan bisa juara satu tingkat nasional. Sehingga menjadi dorongan semangat warga Karanganyar di bidang usaha ternak sapi.

“Pengelolaan usaha ternak sapi diharapkan ada multiplayer efek yang bermanfaat,” ujarnya. pd