Mahasiswa UNS KKN di Karanganyar

Bupati Karanganyar Juliyatmono menerima peserta KKN UNS yang akan mengabdi selama 1,5 bulan di 4 kecamatan di Karanganyar, Kamis (02/07)

Bupati Karanganyar Juliyatmono menerima peserta KKN UNS yang akan mengabdi selama 1,5 bulan di 4 kecamatan di Karanganyar, Kamis (02/07) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Karanganyar, Jumat (03/07/2015)
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Karanganyar.
Ketua Unit Pelaksana KKN UNS Dr. Sc.Agr. Rahayu, SP., MP mengatakan program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan periode ke tiga, direncanakan tiap semester dikirim ke Kabupaten Karanganyar.
“Peserta itu akan berada di lokasi selama 1,5 bulan. Sejumlah 220 orang, disebar di 22 desa. Setiap desa sejumlah 10 orang,” jelas Dr. Sc.Agr. Rahayu, SP., MP, Kamis (02/07) saat peserta KKN diterima Bupati Karanganyar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.
Dia juga menjelaskan selain di desa tersebut, terdapat dua desa untuk penguatan vokasi yakni di desa Pandeyan dan Ngijo, Kecamatan Tasikmadu. Jadi total terdapat 24 desa di Kabupaten Karanganyar.
“Mereka bisa belajar dalam bersosial dan leadership melatih diri di masyarakat. Bisa menjadi motivator, fasilitator dan moderator,” ujarnya.
Sedangkan tema-tema yang dikembangkan seperti UMKM, penguatan jamu dan peternakan. “Ini merupakan stimulan bagi program berkelanjutan di masyarakat,” katanya.
Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Karanganyar Juliyatmono menuturkan hendaknya mahasiswa peserta KKN bisa membangun semangat masyarakat di desa untuk memajukan desanya.
“Dengan KKN bisa menerapkan ilmu program studi yang didapatkan di Perguruan Tinggi. Sumbangkan pikiran dan tenaga bagi kemajuan desa,” katanya.pd