Lantunan Ayat Suci Al Quran Terdengar di Setiap SKPD

Para PNS di Dinsosnakertrans Kabupaten Karanganyar saat mengaji di aula beberapa waktu lalu
Para PNS di Dinsosnakertrans Kabupaten Karanganyar saat mengaji di aula beberapa waktu lalu

Karanganyar, Jumat (26/06/2015)

Selama bulan ramadhan tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menghimabu agar setiap PNS muslim di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengaji.

Dimulai dari setelah apel pagi pukul 07.45 WIB, lalu dilanjutkan untuk membaca Al Quran maupun terjemahan selama satu jam. Mereka berkumpul di aula masing-masing, kemudian bila sudah bisa membaca huruf arab maka untuk membacanya dan dengan terjemahannya.
Namun bila ada yang belum bisa, boleh membaca huruf latin dengan terjemahan, atau hanya terjemahannya saja.

“Kegiatan mengaji ini merupakan Gerakan Karanganyar Bertakwa Tahun 2015. Acara itu juga telah diselenggarakan pada tahun 2014 kemarin,” kata Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, saat di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/06)

Untuk memantau pelaksanaan mengaji itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo mendatangi setiap SKPD, namun keduanya berpencar. “Kita ingin memastikan bagaimana pelaksanaan di SKPD masing-masing,” ujar Wakil Bupati Rohadi Widodo.

Ternyata dari kunjungan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), dan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) terlihat antusias PNS untuk mengaji.

“Diawali yang duduk dari depan membacanya, yang lain menyimpak dulu, kemudian bergantian,” jelas Rohadi Widodo. Dengan begitu, lanjut dia setiap PNS harapannya dapat memahami dari setiap ayat tersebut. Tidak hanya itu saja namun juga dapat menjadi pedoman hidup baginya.

“Diharapkan di bulan baik ini kualitas pemahaman agama bisa meningkat, sehingga dapat membentuk pribadi yang lebih baik. Dalam menjalankan tugas dapat lebih efektif dan produktif,” jelas Bupati Juliyatmono, Kamis (18/06) di ruang Podang, Setda Kabupaten Karanganya, saat Launching Karanganyar Bertakwa.

Harapannya, lanjut Bupati dengan proses pembiasaan ini akan terbentuk kualitas individu yang lebih baik. pd