Pesawat Boeing 737-300 “Mendarat Mulus” di Karanganyar

Pesawat Boieng 737-300 telah tiba, sebelum masuk dibawa ke Edupark Kabupaten Karanganyar, Rabu (24/06) kemarin

Pesawat Boieng 737-300 saat tiba, sebelum masuk dibawa ke Edupark Kabupaten Karanganyar, Rabu (24/06) kemarin

Karanganyar, Kamis (25/06/2015)
Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, akhirnya pesawat Boeing 737-300 “mendarat mulus” di Kabupaten Karanganyar.
Perjalanan dari Jakarta sampai di Kabupaten Karanganyar menempuh waktu yang lama, diberangkatkan mulai Minggu (21/06) hingga Rabu (24/06) sore. Memakan waktu yang lama karena memang kecepatan kendaraan cukup pelan, sekitar 40 kilometer per jam.
Pesawat itu sebelumnya telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian, dan diangkut dengan menggunakan tiga trailer. Ada yang membawa bagian kokpit sampai bagian tengah, ada yang mengangkut dari bagian tengah sampai ekor, dan satu lagi membawa sayap pesawat. Sedangkan untuk mesin sudah datang sejak lama.
Boeing 737-300 itu merupakan pesawat bekas (salah satu maskapi penerbangan di Indonesia yang sudah tutup) dan dibeli oleh rekanan untuk menjadi bagian proyek Taman Dirgantara Edupark Kabupaten Karanganyar.
Bupati Karanganyar Juliyatmono menuturkan setelah pesawat selesai dirakit, dicat di ditata kembali interiornya, maka Edupark akan segera diresmikan.
“Segera kita resmikan secepatnya, kemungkinan sebelum lebaran, sehingga saat libur lebaran sudah bisa ditonton masyarakat,” ujar Juliyatmono.
Taman Dirgantara Edupark merupakan cita-cita Pemkab Karanganyar untuk memberikan wahana edukasi dirgantara kepada masyarakat, selain itu juga agar generasi muda bisa mempunyai cita-cita yang tinggi.
Letaknya pun tidak terlalu sulit untuk dijangkau, karena berada di jalur lingkar ke timur menuju Tawangmanggu, terletak di samping barat kolam renang Intanpari.
“Pesawat itu kita namai Lawu Air,” jelas Juliyatmono, Kamis (25/06) saat ditemui di kantornya.
Selain pesawat terbang, juga akan ada dua helikopter jenis Bolco yang ditempatkan di lokasi itu. Direncanakan dalam dua hari ini sudah tiba. pd