Mau Tukarkan Uang Untuk Lebaran? Datang Saja Ke Sini

Seorang teller Bank Jateng Cabang Karanganyar saat melayani penukar uang baru, Selasa (23/06)
Seorang teller Bank Jateng Cabang Karanganyar saat melayani penukar uang baru, Selasa (23/06)

Karanganyar, Selasa (23/06/2015)
Masyarakat Kabupaten Karanganyar yang akan menukarkan uang pecahan baru untuk merayakan Lebaran, bisa menukarkan di Bank Jateng Cabang Karanganyar.
Di Kabupaten Karanganyar, hanya Bank Jateng yang ditunjuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Surakarta untuk melayani penukaran uang baru.
Pemimpin Cabang Bank Jateng Karanganyar Prasetyo Fourdi Antono menuturkan pihaknya melayani penukaran uang baru bagi nasabah maupun masyarakat umum mulai jam 8.30 WIB.
“Dari 18 Juni sampai 2 Juli 2015, penukaran uang dilayani pada hari Selasa dan Kamis. Sedangkan pada 6-15 Juli 2015 nanti, penukaran akan dilayani setiap hari pada Senin hingga Kamis,” jelas Fourdi, Senin (22/06) saat dijumpai di kantornya.
Fourdi juga menuturkan pecahan yang disiapkan yakni Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu. Disiapkan loket khusus untuk melayani penukaran, pada jadwal yang telah ditentukan.
“Nominal yang ditukar juga dibatasi, maksimal Rp 3,9 juta per orang. Penukar diminta menyerahkan fotokopi kartu identitas, bisa KTP atau SIM,” ungkapnya.
Kemudian petugas Bank Jateng mencatat nama penukar, karena untuk mengantisipasi adanya penukaran hingga lebih dari satu kali, oleh penukar yang sama.
Dia juga menghimbau agar bagi masyarakat yang membutuhkan pecahan uang baru untuk lebaran, dihimbau melakukan penukaran di bank yang telah di tunjuk BI.
“Jangan menukar di jasa penukaran musiman yang ada di pinggir-pinggir jalan. Hal itu untuk mengantisipasi resiko. Kalau di bank uangnya lebih terjamin asli. Selain itu tidak rugi, karena tidak ada pengurangan nilai antara uang yang ditukar dengan uang baru yang diterima ” jelasnya.
Siapkan Rp 10 Miliar
Selain itu Bank Jateng Cabang Karanganyar pada tahun ini menyiapkan pecahan uang baru sebesar Rp 10 miliar.
“Sesuai dari ketetapan dari BI sebesar Rp 10 miliar, lebih besar dari tahun lalu hanya Rp 7 miliar,” kata Fourdi.
Adanya kenaikan tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penukaran, sebab tidak saja bagi nasabah, namun juga melayani bagi masyarakat umum.
Selain di Karanganyar, BI juga menunjuk Bank Jateng di Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, dan Sragen.
Kemudian juga dapat ditukarkan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surakarta, Bank BNI 46 Jalan Arifin Nomor 2 Surakarta, Bank BRI Jalan Jenderal Sudirman No 1 Surakarta, Bank Mandiri Cabang Sriwedari, dan Bank BCA Jalan Slamet Riyadi No 3-7 Surakarta. pd