Sidak Makanan, Dinkes Temukan Zat Berbahaya

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar sedang menunjukkan hasil uji lab makanan mengandung formalin, Jumat (12/06) di Pasar Tegalgede

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar sedang menunjukkan hasil uji lab makanan mengandung formalin, Jumat (12/06) di Pasar Tegalgede

Karanganyar, Sabtu (13/06/2015)
Tim sidak makanan dan minuman dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar dalam pantuan makanan di pasar tradisional dan toko modern menemukan beberapa makanan yang mengandung zat berbahaya.
Di pasar Tegalgede, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar, tim tersebut menemukan dua makanan yang tidak layak konsumsi.
“Setelah diambil sampel dan di uji laboratorium, Kami mendapati criping pohung positif mengandung Rhodamin B. Zat tersebut biasanya untuk pewarna tekstil. Juga di teri nasi yang mengandung formalin,” jelas Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Fathkul Munir, Jumat (12/06) di lokasi.
Fatkhul Munir juga menjelasakan tahun kemarin, juga di temukan zat-zat tersebut di kedua makanan itu.
“Sudah tiga tahun ini kita temukan positif mengandung Rhodamin b dan Formalin,” jelasnya.
Dia juga meminta kepada masyarakat untuk lebih hati-hati membeli makanan, selain itu pihaknya terus memberikan edukasi dan pengawasan terhadap bahan berbahaya itu di makanan.
“Uji lab juga dilakukan pada mi pentil, bakso, slondok, kikil, dan singkong keju, namun tidak diketemukan kandungan zat berbahaya,” ujarnya.
Selain di pasar Tegalgede, tim sidak juga disebar ke Pasar Nglano Tasikmadu, Pasar Palur, Pasar Karangpandan, dan Pasar Jatiyoso. pd