Jelang Puasa, Bupati Pantau Harga di Pasar

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memantau harga-harga makanan di pasar Tegalgede, Jumat (12/06)
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memantau harga-harga makanan di pasar Tegalgede, Jumat (12/06)

Karanganyar, Jumat (12/06/2015)
Menjelang bulan Ramadhan tahun 2015 yang tinggal beberapa hari lagi, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo memantau harga-harga kebutuhan masyarakat di pasar.
Hasil pantauan sementara dari pasar Tegalgede, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar, diketahui tidak ada kenaikan harga yang signifikan.
“Harga masih normal, belum ada lonjakan harga yang tinggi,” kata Bupati Juliyatmono, Jumat (12/06) pagi di Pasar Tegalgede.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga meminta barang-barang yang dijual belikan bersih dan sehat, apalagi bulan puasa dan mendekati Lebaran nanti permintaan tinggi.
“Jangan sampai pedagang menggunakan berbagai cara untuk meraup untung yang besar, itu yang harus dihindari. Tetap harus menjaga konsumen dan harga tidak melampui harga normal,” jelas Juliyatmono.
Dia juga menyinggung dengan hukum pasar, kalau rata-rata harga standar namun ada yang tinggi, maka pedagang itu akan ditinggalkan pembeli.
“Sebaiknya menjual dagangan dipastikan sehat dan harga normal,” katanya.
Terkait ketersediaan beras, Bupati Juliyatmono menuturkan jumlah pasokan beras tidak mengkhawatirkan karena di Kabupaten Karanganyar surplus beras.
“Saat ini habis panen. Masyarkat ada yang menyimpan, kecuali yang warga di perkotaan atau yang tidak punya lahan biasanya membeli beras,” tandasnya.pd