PPL Utamakan Wawasan, Bukan Sekedar Casing

 

Kominfo

Ass.I Setda Karanganyar sekaligus Plt. Disparbud Karanganyar Nunung Susanto saat menyampaikan sambutan Bupati.

Guna meningkatkan promosi kepariwisataan karanganyar baik dalam skala nasional maupun internasional serta memperoleh insan generasi muda yang memiliki kepribadian, etika dan penampilan yang menawan, berwawasan serta menguasai materi kepariwisataan yang handal dengan kemampuan komunikasi yang baik, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Karanganyar menyelenggarakan Sosialisasi Pemilihan Putra Putri Lawu (PPL) Duta Wisata Kab. Karanganyar tahun 2015, Rabu (10/06) di Ruang Podang I Setda Karanganyar.

“ Sasaran dari kegiatan pemilihan ini adalah para pemuda/pemudi potensial yang berusia 17 sampai dengan 25 tahun yang memenuhi persyaratan. Pendaftaran akan dibuka mulai Tanggal 11 Juni sampai dengan 04 September 2015 dan diutamakan mereka yang masih duduk dibangku sekolah menengah atas (SLTA) dan Perguruan Tinggi. Kami selaku panitia penyelenggara berharap Bapak/Ibu guru dapat menyosialisasikan PPL ini serta mengikut sertakan anak didiknya yang memiliki potensi/bakat dalam kegiatan ini. Yang terpenting menjadi seorang Putra/Putri Lawu adalah seseorang yang berkepribadian baik, mampu menyampaikan informasi yang dimiliki Karanganyar khususnya obyek-obyek wisata yang dapat dijual keluar sehingga berdampak positif pada masyarakat. Karena obyek pariwisata di Karanganyar ini merupakan salah satu faktor penentu meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jadi bukan sekedar casing/fisik yang bagus tetapi ditunjang kecakapan dalam menguasai materi/wawasan kepariwisataan yang handal dengan kemampuan berkomunikasi yang baik,” ujar Dra. Eny Fauziah, MM selaku Kabid Pemasaran Pariwisata Disparbud Karanganyar saat menyampaikan laporannya dihadapan para peserta yang dihadiri oleh Camat di 17 Kecamatan se Kab. Karanganyar, Dishubkominfo, Disdikpora, Kepala Sekolah tingkat SLTA/SMK, Ketua/Pengurus OSIS SLTA/SMK serta perwakilan Perguruan Tinggi di wilayah Karanganyar.

Sementara itu sambutan Bupati Karanganyar yang dibacakan oleh Asisten I Pemerintahan Setda Karanganyar Nunung Susanto SH, MMmenyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan setiap tahunnya oleh Disparbud Karanganyar. Untuk itu saya mengingatkan kepada segenap panitia penyelenggara agar mempersiapkan dengan baik, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan sukses. “ Saya minta kepada pihak-pihak terkait untuk dapat menyebarluaskan kegiatan ini utamanya di lingkungan sekolah tingkat atas (SLTA) maupun Perguruan Tinggi. Terlebih lagi di tahun 2015 ini Bupati sudah menyiapkan beberapa obyek wisata terbaru. Maka diharapkan Putra-Putri Lawu (PPL) terpilih nantinya dapat menguasai pengetahuan tentang obyek-obyek wisata yang ada di Karanganyar yang kedepannya diharapkan dapat meningkatan PAD Kab. Karanganyar,” pesannya.

“ Pemilihan Putra Putri Lawu ini tidak dilihat dari segi glamornya, tetapi pengetahuannya dapat dipertanggung jawabkan,” tambah Sekretaris Disparbud Karanganyar Drs. Eko Budi Hartoyo. ind/ft