Pemberdayaan P3A / GP3A Se Kabupaten Karanganyar

kominfo

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo Memberikan Pengarahan Kepada Petani Pemakai Air di Aula Panti Asuhan Aisyiah

Pelaksanaan Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A/GP3A) Se Kabupaten Karanganyar Tahun 2015 dihadiri sekitar 200an petani bertempat di Aula Panti Asuhan Aisyiah pada Kamis Pagi (04/06). Acara tahunan ini bertujuan untuk memandirikan lembaga / organisasi dalam bidang teknik, sosial, ekonomi, kelembagaan dan pembiayaan melalui perkuatan terhadap organisasi, kemampuan teknis pengelolaan irigasi dan teknis usaha tani, kemampuan keuangan dan pengelolaannya serta kemampuan kewirausahaan sehingga terwujud P3A/GP3A yang lebih berdaya dan mandiri dalam pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi partisipatif.

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dalam sambutannya mengatakan air merupakan sumber kehidupan. Air yang ada sekarang tidak dapat berkurang maupun bertambah, hanya saja sering munculnya kekeringan disebabkan oleh tidak tepatnya penggunaan dan pengelolaan air. Semakin banyaknya pohon yang ditebang juga akan berdampak pada kandungan air yang ada didalam tanah.

Penanaman padi yang baik, didukung dengan pengelolaan irigasi air dan pupuk yang tepat akan memberikan hasil panen yang maksimal. Dengan luas lahan pertanian Karanganyar mencapai 22000 Ha dan rata-rata menghasilkan 6,2 ton diharapkan mampu menghasilkan 2 kali lipatnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setda Karanganyar Timotius melaporkan bahwa kegiatan ini berlangsung 2 hari dengan model pemberian materi dan hari terakhir kunjungan lapangan. Adapun pemateri yang akan ditampilkan adalah Dhanik Sih Handayani dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Kab. Karanganyar, Agung Respati dari DPU Karanganyar dan Mulyono Herlambang dari CV. Multi Global Arindo dan IOSCA Karanganyar. ad