Sosialisasi DAGUSIBU, Ajak Masyarakat Bijak Terhadap Obat

Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo saat akan mengibarkan bendera star jalan sehat sosialisasi DAGUSIBU, Minggu (17/05).

Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo saat akan mengibarkan bendera star jalan sehat sosialisasi DAGUSIBU, Minggu (17/05).

Karanganyar, Senin (18/05/2015)
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Karanganyar mengadakan Sosialisasi DAGUSIBU dengan mengadakan acara jalan sehat dengan membagikan leflet di sepanjang jalan rute yang dilewati.
DAGUSIBU merupakan ajakan masyarakat untuk bijak terhadap pengggunaan obat-obatan yang benar dimulai dari keluarga. Gerakan ini berupa “Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang” obat dengan benar.
Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, pelaku kesehatan baik Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, Dokter, Bidan, dan Apoteker, ambil bagian terdepan pentingnya hidup sehat.
“Apoteker bisa terus mensosialisasikan ke masyarakat untuk mendapatkan obat yang benar dan baik. Pelaku kesehatan bergerak membangun keluarga yang sehat dan baik,” kata Bupati Juliyatmono, sebelum acara Jalan Sehat Sosialisasi DAGUSIBU, Minggu (17/05) di halaman Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar.
Sementara itu salah satu panitia kegiatan, Desi Suryani menuturkan kami ingin mengajak masyarakat sadar untuk mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat dengan benar.
“Ini juga merupakan upaya melindungi masyarakat dari bahaya penggunaan obat yang tidak tepat dan benar,” kata Desi, seusai acara jalan sehat.
Desi juga menjelaskan ketidakpatuhan dan ketidaksepahaman pasien dalam menjalankan terapi merupakan salah satu penyebab kegagalan terapi. Hal ini sering disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman pasien tentang obat dan segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan obat untuk terapinya.
Adanya penyalahgunaan obat, pengguna-salahan obat, obat palsu, dan obat rusak kadaluwarsa yang tidak dikelola dengan benar menjadi latar belakang perlunya IAI menganjurkan kepada masyarakat mendapatkan pemahaman obat dari Apoteker. Di Apotek, Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik, masyarakat dapat berkonsultasi dengan Apoteker agar obat dapat digunakan dengan tepat dan benar,” pungkasnya.
Jalan sehat yang diikuti 254 apoteker dari Karanganyar dan luar Kabupaten Karanganyar itu dimulai dari halaman Dinas Kesehatan, belakang DPU, Bank Jateng, Kodim 0727/Karanganyar, Cafe Jamu dan finis di Dinkes.pd