Saat Sidak, Sejumlah PNS Ketahuan Tak Masuk Kerja

Dua petugas dari BKD Karanganyar sedang memeriksa absensi kehadiran PNS, Jumat (15/05)

Dua petugas dari BKD Karanganyar sedang memeriksa absensi kehadiran PNS, Jumat (15/05)

Karanganyar, Sabtu (16/05/2015)
Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan pada Jumat (15/05) kemarin, merupakan hari masuk kerja bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar diantara dua hari libur yakni Kamis (14/05) dan Sabtu (16/05), mendapati sejumlah PNS yang tidak masuk kerja.
Sidak terdiri tiga kelompok menyebar ke berbagai Badan, Dinas, Kantor, UPT Disdikpora, maupun Balai Desa di wilayah di Bumi Intanpari. Kelompok satu dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar Samsi, Kelompok Dua dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sutarno, dan Kelompok Tiga Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar Wiyono.
“Dari hasil sidak ini ke 11 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), didapati 12 Aparatur Sipil Negara tidak masuk kerja, dengan rincian empat ijin, satu cuti, dan tujuh tanpa keterangan,” kata Wiyono seusai sidak.
Wiyono juga mengatakan, sangsi yang diberikan kepada ketujuh PNS yang Tanpa Keterangan (TK) dilihat dari tingkat kesalahan sesuai PP No 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS. “Mereka akan kita panggil dan akan diberi pembinaan lebih lanjut,” katanya.
Dia juga menambahkan, dimungkinkan juga diakumulasikan jumlah hari ketidakhadiran bagi PNS yang membolos. “Jika sampai dengan 15 hari dikenai sangsi ringan, sampai dengan 30 hari termasuk sangsi sedang, dan lebih dari 45 hari dikenai sangsi berat,” jelasnya.
Namun lebih lanjut, hasil sidak ini mengalami penurunan signifikan daripada sidak yang dilakukan beberapa waktu lalu.”Setelah Bupati Karanganyar selalu keliling melakukan pembinaan, ada kemajuan yakni jumlah yang membolos menjadi berkurang,” pungkasnya. pd