TMMD, Bangun Infrastruktur Desa

Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra (kiri), Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Bakti Agus Fadjari (kedua dari kiri), Bupati Karanganyar Juliyatmono (tengah), dan Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda (kedua dari kanan) saat bersama-sama meninjau kelokasi TMMD, Kamis (07/05)

Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra (kiri), Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Bakti Agus Fadjari (kedua dari kiri), Bupati Karanganyar Juliyatmono (tengah), dan Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda (kedua dari kanan) saat  meninjau ke lokasi TMMD, Kamis (07/05)

Karanganyar, Jumat (08/05/2015)
TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 94, di Kabupaten Karanganyar yang dilaksanakan di Desa Ngadirejo, Kecamatan Mojogedang mempunyai sasaran pembangunan sejumlah infrastruktur desa.
Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda menjelaskan, pembangunan fisik ini salah satunya untuk memperlancar transportasi dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembangunan fasilitas umum berupa jalan menghubungkan antara Dusun, Desa dan Kecamatan.
“Selain itu juga peningkatan masyarakat dengan sistem sanitasi rumah sehat melalui kegiatan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Mandi Cuci Kakus (MCK),” katanya di lokasi, Kamis (07/05).
Lebih lanjut Letkol Inf Marthen Pasunda mengatakan selain pembangunan fisik, kegiatan TMMD juga menyasar Non Fisik salah satunya berupa pemberdayaan sumber daya manusia melalui kegiatan sosialisasi dalam upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan ketrampilan.
“Ada pula menekan lajunya pertumbuhan penduduk dan meningkatnya sistem kesehatan masyarakat melalui kegiatan pelayanan KB dan kesehatan serta memberi kesadaran untuk gemar berolahraga,” katanya.
Sarana fisik yang dibangun dalam kegiatan TMMD, antara lain pembangunan jalan makadam dan betonisasi cor sepanjang 800 meter, lebar 3 meter dan tinggi 10 cm. Lalu pembangunan lima unit jembatan, dua unit gorong-gorong, dua titik talut, renovasi teras masjid, poskamling, MCK, perbaikan 10 unit rumah tidak layak huni (RTLH) dan penghijauan lahan rakyat.
Sedangkan kegiatan non fisik yang akan dilaksanakan antara lain pelatihan bela negara, sosialisasi kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, pemberdayaan industri kecil, pelayanan kesehatan dan KB, bazar, hiburan rakyat, dan lainnya.
Upacara pembukaan TMMD ke-94, dipimpin Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Bakti Agus Fadjari di lapangan Desa Ngadirejo. Hadir dalam acara tersebut, seluruh unsur Muspida, serta sejumlah pimpinan instansi pemerintahan.
Pada upacara pembukaan itu, secara simbolis Danrem menyerahkan seperangkat alat kerja kepada perwakilan peserta TMMD. Adapun peserta TMMD berasal dari unsur TNI, Polri, PNS, Ormas, Linmas, Pelajar, dan Masyarakat berlangsung dari tanggal 7 hingga 27 Mei 2015.
Ditempat yang sama, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, pelaksanaan TMMD ini tentunya dapat memudahkan akses dari dusun ke dusun, dan hasil panen akan lebih lancar karena transportasi lancar.
“Kita akan buat TMMD lokal untuk bebrapa desa untuk membuka akses baru, tentunya masyarakat desa lebih bersemnagat karena ada kebersamaan,” katanya.pd