KPU Karanganyar Jalin Nota Kesepahaman Dengan Laboratorium Sosiologi

Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho (baju putih) menandatangani nota kesepahaman dengan Ketua Laboratorium Sosiologi UNS Ahmad Zuber (kiri), Rabu (29/04)

Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho (baju putih) menandatangani nota kesepahaman dengan Ketua Laboratorium Sosiologi UNS Ahmad Zuber (kiri), Rabu (29/04)

Karanganyar, Kamis (30/04/2015)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menjalin nota kesepahaman dengan Laoratorium Sosiologi, Universitas Sebelas Maret (UNS), berkaitan pengembangan demokrasi, selama dua tahun.
Penandatanganan antara kedua pihak itu berlangsung di Aula KPU Karanganyar, Rabu (29/04), oleh Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho dan Ketua Laboratorium Sosilogi Ahmad Zuber. Kerjasama yang dilakukani itu mengarah ke pendidikan politik kepada masyarakat. Harapannya, pemilih lebih siap dan dewasa dalam berdemokrasi.
Sri Handoko Budi Nugroho menjelaskan, pada tahap awal akan dilakukan riset bersama, terkait animo masyarakat untuk menjadi sukarelawan politik dalam pesta demokrasi.
“Kesukarelawanan ini mendorong perkembangan demokrasi. Sebab ada masyarakat yang secara sadar dan sukarela mengajak orang di sekitarnya untuk menggunakan hak pilih dengan baik,” jelasnya.
Lebih lanjut, dia menjelaskan, pada pada Pemilu lalu, tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Karanganyar yang menggunakan hak suaranya bagus, mencapai 70 persen.
Sementara itu, Ketua Laboratorium Sosiologi Ahmad Zuber menuturkan, kerjasama dengan KPU tersebut salah satu upaya pengembangan demokrasi yang lebih bagus.
“Mudah-mudahan, dengan kerjasama ini, kehidupan demokrasi bisa lebih baik. Pelaksanaannya juga lebih transparan dan akuntabel,” ujarnya.pd