Jelang UN SMP, Disdikpora Lakukan Berbagai Persiapan

Pelakasnaan Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB Tahun 2015 diharapkan berjalan lancar dan baik

Pelakasnaan Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB Tahun 2015 diharapkan berjalan lancar dan baik

Karanganyar, Kamis (30/04/2015)
Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional SMP Tahun 2015 di Kabupaten Karanganyar. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar telah mempersiapkan berbagai hal, agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar dan baik.
Sekretaris Disdikpora Karanganyar Agus Hariyanto menuturkan, pelaksanaan UN SMP Tahun 2015 berlangsung selama empat hari, dari 4-7 April 2015, dengan mengujikan empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA, dimulai dari pukul 07.30-09.30.
“Kami juga mengecek langsung soal ujian di percetakannya. Dipastikan terlebih dahulu tidak ada kekeliuran dan kekurangan sebelum naskah ujian di distribusikan,” katanya, Rabu (29/04) kemarin.
Selain itu juga persiapan yang dilakukan dengan pembentukan panitia, dan menyiapkan pengawas.
Agus Hariyanto juga menjelaskan, soal ujian diperkirakan sampai di Karanganyar Jumat pagi, kemudian disimpan di aula Disdikpora, dengan penjagaan ketat.
“Penyimpanan soal akan dibagi untuk enam kelompok. Lima kelompok untuk SMP dan satu kelompok untuk Kejar Paket B,” jelasnya.
Soal Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB akan didistribusikan ke lima kelompok kerja (pokja). Lima pokja tersebut ada di SMPN 1 Jaten (Pokja 1), SMPN 2 Mojogedang (Pokja 2), SMPN 1 Jumapolo (Pokja 3), SMPN 1 Karangpandan (Pokja 4), dan SMPN 5 Karanganyar untuk pokja 5 dan pendidikan kesetaraan paket B.
“Pagi hari sebelum ujian, sekolah penyelenggara mengambil soal ujian di masing-masing pokja”katanya.
UN SMP/Mts/SMPLB tahun ini, di Karanganyar akan diikuti 12.338 peserta. Sedangkan untuk UN Kejar Paket B, akan diikuti 358 peserta.
“Terdapat 105 SMP yang menyelenggarakan UN, sementara untuk UN Kejar Paket B dilaksanakan 12 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat),”jelas Agus. pd