Besok, Pendataan Keluarga Tahun 2015 Dimulai

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat didata dua petugas Pendataan Keluarga Tahun 2015, Kamis (30/04)

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat didata oleh dua petugas Pendataan Keluarga Tahun 2015, Kamis (30/04)

Karanganyar, Kamis (30/04/2015)
Program Pendataan Keluarga Tahun 2015 mulai besok, Jumat (01/05) dimulai, berlangsung sampai 31 Mei 2015. Di Karanganyar terdapat 254.905 keluarga yang akan didata oleh 250 petugas.
Bupati Karanganyar Juliyatmono menuturkan dengan adanya Pendataan Keluarga (PK) Tahun 2015 didalam keluarga dapat diketahui latar belakang berdasarkan tingkat ekonomi, pendidikan, pekerjaan, posisi kualitas keluarga.
“Pendataan ini penting bagi warga. Jangan sampai tidak terdata. Tujuannya mengarah ke kualitas yang lebih baik,” kata Bupati Juliyatmono.
Lebih lanjut, Juliyatmono mengatakan dengan adanya data keluarga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk misal dengan Program KB, dapat diketahui pula laju pertumbuhan penduduk berapa persen.
“Ini berlangsung lima tahunan, setiap tahun di update, sehingga data akurat dari masyarakat dan sempurna, nantinya menjadi basis data,” katanya.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Karanganyar Any Indrihastuti menjelaskan ada tiga aspek data yang dikumpulkan.
“Data demografi keluarga ada 10 indikator kependudukan, KB 6 indikator, tahapan pembangunan keluarga terdiri 4 indikator,” katanya.
Pada launching pendataan hari ini, Kamis (30/04), di kediaman rumah pribadi, Pokoh Rt 3/Rw 7, Kecamatan Tasikmadu, Bupati Karanganyar Juliyatmono didata oleh dua petugas pendataan.pd