Tebu Temanten, Tandai Musim Giling Tebu PG Tasikmadu

Prosesi arak-arakan tebu temanten untuk menandai awal musim giling tebu PG Tasikmadu, Karanganyar

Prosesi arak-arakan tebu temanten untuk menandai awal musim giling tebu PG Tasikmadu, Karanganyar

Karanganyar, Senin (27/04/2015)
Arak-arakan sepasang tebu temanten sudah terlihat sejak pukul 06.00 pagi, dan ratusan warga berkerumun menyaksikan prosesi awal dimulainya musim giling tebu di Pabrik Gula (PG) Tasikmadu, Karanganyar, Jumat (24/04).
Sedangkan sepasang tebu temanten itu masing-masing diberi nama Bagus Iksuprobo untuk laki-laki, diambil dari kebun di Sapen, Mojolaban, Sukoharjo, dan pengantin putri di beri nama Roro Sikartini Maduretno, diambil dari kebun di Kali Jirak, Tasikmadu. Dibelakangnya terdapat 14 pasang batang tebu setinggi dua meter.
Mereka diarak dari sisi barat menuju sisi utara PG Tasikmadu, kemudian masuk ke halaman rumah Administratur. Selanjutnya dibawa masuk ke mesin penggilingan. Semua prosesi itu merupakan kelanjutan selamatan giling dengan sesaji tujuh kepala kerbau dan berbagai macam ubo rampe yang dihelat sehari sebelumnya.
Staf Libang PG Tasikmadu, Mahfud, mengatakan PG Tasikmadu mengambil tebu dari tujuh lokasi ladang, yakni di Kabupaten Boyolali, Wonogiri, Sragen, Gorbongan, Sukoharjo, dan Karanganyar.
“Produktivitas tebu pada musim ini ditarget 649 kuintal per hektar, dari total luas ladang 6.487 hektar. Tahun lalu hanya 642 kuintal per hektar,” kata Mahfud.
Dengan menghitung produksi total tebu sebanyak 4.209.650 kuintal tebu dengan tingkat rendemen 6,8 persen, diperkirakan akan menghasilkan kristal tebu seberat 286.428,46 kuintal. pd