Pengemudi Angkutan Umum, Jalani Tes Urin

Ketua Tim P4GN Rohadi Widodo saat melihat hasil sampel urin dari pengemudi, Selasa (21/04)

Ketua Tim P4GN Karanganyar Rohadi Widodo (memakai beskap, kiri, tengah) saat melihat hasil sampel urin dari pengemudi, Selasa (21/04)

Karanganyar, Rabu (22/04/2015)
Pengemudi angkutan umum diminta tes urin, untuk mengetahui bebas narkoba. Kegiatan tersebut dilakukan Tim Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Karanganyar, bersama Polres Karanganyar, Selasa (21/04). Pemeriksaan dilakukan di dua lokasi, yakni di pool bus PO Rosalia Indah di Palur, serta di Sub Terminal Papahan.
Ketua Tim P4GN Karanganyar Rohadi Widodo mengatakan, ada target 175 sopir AKAP dan AKDP di Karanganyar, yang menjadi sasaran tes.
“Tim P4GN menghimbau agar tidak ada pengemudi angkutan umum di Kabupaten Karanganyar memakai narkoba. Kami berupaya mencegah, sebab mereka mengemudi kendaraan jangan sampai membahayakan penumpang maupun pengguna jalan,” kata Rohadi Widodo, kemarin di sela-sela tes urin di pool PO Rosalia Indah.
Rohadi Widodo yang juga Wakil Bupati Karanganyar menjelaskan, tes urin ini merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap pemakaian dan peredaran narkoba. “Tahun lalu terdapat 14 kasus. Kami terus melakukan upaya pencegahan-pencegahan narkoba secara optimal,” katanya.
Sampel air seni diperiksa dengan tester, untuk mengetahui apakah mengandung narkoba atau tidak. “Jika muncul dua garis berarti yang bersangkutan negatif. Namun jika satu garis, berarti positif,” kata petugas dari Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Karanganyar.
Ditempat yang sama, Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra menambahkan, tes urin tersebut rangkaian Operasi Simpatik Candi 2015 yang digelar antara 1-21 April.
“Jika ditemukan pengemudi yang memakai narkoba, maka pembinaannya diserahkan ke perusahaan. Sanksinya nanti dari manajemen perusahaan,” katanya.
Lebih lanjut, Kapolres menuturkan sebelum diserahkan ke perusahaan, dilakukan pemeriksaan bersangkutan lebih mendalam di Polres Karanganyar. pd