Seru, Lomba Menanam Padi Bagi Siswa SD

Lomba Menanam Padi bagi Anak SD se Kecamatan Matesih, dapat mengenalkan cara bercocok tanam sejak dini

Lomba Menanam Padi bagi Anak SD se Kecamatan Matesih, dapat mengenalkan cara bercocok tanam sejak dini

Karanganyar, Sabtu (11/04/2015)
Lomba Menanam Padi bagi kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Matesih berlangsung seru dan menarik. Mereka diharuskan berjalan mundur untuk menanam padi di dalam petak ukuran 3 x 10 meter.
Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Karanganyar Anis Ridho, mengatakan peserta lomba terdiri 31 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat murid SD laki-laki maupun perempuan.
“Aspek penilaian antara lain ketepatan waktu, keragaman jarak tanam, jumlah bibit perlubang, kedalaman tanam, dan kekompakan tanam. Setiap penilaian ada indikator untuk penilaian,” kata Anis Ridho, Kamis (09/04) di areal persawahan di depan SD Plosorejo 2, Kecamatan Matesih.
Mereka juga berpakaian ala petani dengan memakai caping dan baju lurik, ada juga yang memakai kaos identitas dari sekolah. Terik sinar matahari membuat peluh keringat mengucur dari wajah.
Bupati Karanganyar Juliyatmono menuturkan ini kegiatan sangat bagus untuk mengenalkan anak-anak usia dini, cara bercocok tanam, dan sekaligus mencintai terhadap alam.
“Yang kita bangun, harapannya kelak menjadi pengusaha-pengusahan di bidang pertanian,” katanya.
Di tempat tersebut juga diserahkan secara simbolis bantuan kepada kelompok tani , sepasang burung hantu jenis Tyto Alba sebagai predator alami membasmi serangan tikus di areal persawahan.pd