Inilah Sekolah Menggunakan UN Online

Peserta Ujian Nasional berbasis Computer Based Test (CBT) terlihat serius saat uji coba pelaksanaannya

Peserta Ujian Nasional berbasis Computer Based Test (CBT) terlihat serius saat uji coba pelaksanaannya

Karanganyar, Rabu (08/04/2015)
Tiga sekolah di Kabupaten Karanganyar saat pelaksaan Ujian Nasional nanti menggunakan sistem online dengan perangkat komputer, yakni Computer Based Test (CBT).
Ke tiga sekolah itu semuannya merupakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yakni SMK Negeri 1 Karanganyar, SMK Negeri 2 Karanganyar, dan SMK Negeri Jumantono. Rencannya pelaksanaan UN 13-16 April 2015.
Siswa peserta membaca dan menjawab soal-soal yang telah disediakan. Sedangkan waktu yang disediakan untuk setiap mata ujian 120 menit.
“Pelaksanaan ujian nantinya dalam tiga sesi, yaitu pukul 07.30-09.30, 10.00-12.00 dan 14.00-16.00. Mata pelajaran terdiri Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan. Setiap hari hanya satu yang diujikan” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Sutarno, Selasa (08/04)
Lebih lanjut, pihak Disdikpora Kabupaten Karanganyar meminta kepada PLN agar tidak ada pemadaman listrik selama ujian berlangsung.
“Surat sudah kami kirimkan ke PLN. Harapannya tidak ada pemadaman listrik saat Ujian Nasional menggunakan CBT nantinya, karena bisa mengganggu konsentrasi siswa.” kata Sutarno.
Penggunaan kertas dalam UN CBT, hanya sebatas untuk melakukan perhitungan-perhitungan manual, sebelum siswa menjawab pertanyaan. pd