Pendidikan Kecintaan Sejarah dan Kepurbakalaan

DSC_0439

Bupati Karanganyar Juliyatmono Saat Memberikan Sambutan Pembukaan Seminar Kepurbakalaan

DSC_0450

Bupati Karanganyar Juliyatmono Secara Simbolis Mengalungkan Tanda Peserta Tanda Dimulainya Seminar Kepurbakalaan

Untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap nilai – nilai luhur yang terkandung dalam budaya sejarah dan kepurbakalaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Karanganyar mengadakan Seminar Sejarah dan Kepurbakalaan bagi Guru Sejarah SD, SMP dan SMA se Kabupaten Karanganyar di Aula SMA 1 Muhammadiyah Karanganyar pada Rabu Pagi 18/03.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan setiap daerah harus dapat memproses tempat sejarah untuk menjadi tempat strategis dalam bidang ekonomi maupun wisata. Tentunya dengan hal tersebut dapat bermanfaat pada diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dikatakan juga Guru sangat berperan dalam mengenalkan kepada generasi muda akan keberadaan sejarah.

“bagaimana pembelajaran dan pengenalan sejarah dikemas semenarik mungkin sehingga siswa tertarik, dengan piknik misalnya”, ujar Juliyatmono.

Sementara itu Nunung Susanto PLT Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Karanganyar berharap guru yang ikut dapat menstimulasi dan memacu generasi muda untuk mengenal, menjujung tinggi nilai – nilai luhur yang terkandung dalam warisan budaya. Problema yang dialami bangsa Indonesia adalah transformasi budaya. Hal ini karena ketidaktahuan generasi muda bangsa Indonesia akan nilai luhur sejarah dan kepurbakalaan.

“dengan adanya seminar ini dapat berimplementasi pada ikut serta memiliki dan berperan aktif dalam pelestarian nilai – nilai luhur sejarah dan kepurbakalaan”, harap Nunung Susanto. ad