Penyerahan Dana Siap Pakai (DSP) Tanggap Darurat Bencana

DSC_0365

Bupati Karanganyar Juliyatmono Menerima Kunjungan Rahayu Saraswati Anggota Komisi 8 DPR RI, di Ruang Athurium Rumdin Bupati Karanganyar

Anggota komisi VIII DPR RI Rahayu Saraswati dan Direktur Bantuan D2 BNPB beserta staff melakukan kunjungan di Kabupaten Karanganyar pada sabtu (21/02). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) Tanggap Darurat Bencana dan peninjauan lokasi bencana di tempat pengungsian di beberapa tempat.

Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan daerah seperti Jenawi, Kerjo, Mojogedang dan Tawangmangu rawan bencana terutama tanah longsor dikarenakan letaknya yang berada di daerah lereng dan perbukitan. Sedangkan daerah Jaten dan Kebakramat sering menjadi langganan banjir.

“Kebutuhan dana terbesar adalah disisi infrastruktur, hal ini merupakan dampak dari bencana yang sering mengakibatkan jalan tinggal separo dan jembatan putus. Dalam waktu cepat tidak mungkin menyelesaikannya, kecuali APBD kita hanya digunakan tanggap bencana”, Ujar Juliyatmono.

Sementara itu Rahayu Saraswari menjelaskan dana bantuan yang diberikan kali ini sekitar 200 juta diperuntukkan mencukupi kebutuhan bencana di Wilayah Jenawi. Sedangkan untuk relokasi ulang, struktural dan tata letak sebaiknya dikomunikasikan dahulu dengan BNPB karena lebih mengetahui sebagai pakar.

“Yang menjadikan pemikiran kami di komisi VIII DPR RI, bahwa ada panja khusus untuk penanggulangan bencana. Mereview ulang semua peraturan dan perundangan yang ada apakah masih sesuai dengan apa yang terjadi dan peraturan yang berhubungan dengan persiapan menghadapi atau mencegah bencana terjadi “, tambah Rahayu Saraswati. ad