Angkudes Laik Jalan Tapi Kelebihan Penumpang

Angkudes jalur G saat masuk jurang di Dusun Banjar, Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Rabu (11/02)

Kondisi angkudes jalur G saat masuk jurang di Dusun Banjar, Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Rabu (11/02)

Karanganyar, Kamis (12/02/2015)
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar, telah memeriksa kondisi teknis angkutan pedesaan (Angkudes) yang mengalami kecelakaan hingga masuk ke jurang sedalam 25 meter di Dusun Banjar, Desa Gerdu, Kecamatan Matesih.
Menurut Penguji Kendaraan Bermotor Penyelia, Agus Raharjo mengatakan angkutan umum jenis mini bus, AD 1172 F, baru saja melakukan uji kelayakan pada 22 Januari 2015 dan masa uji berlaku sampai 22 Juli 2015.
“Angkutan Mitsubishi T120 itu pada waktu pemeriksaan kendaraan masih baik. Kalau sesuai ijin trayek, maksimal hanya boleh untuk 12 orang, itupun sudah termasuk supir,” kata Agus Raharjo, Kamis (12/02)
Dari informasi yang diperoleh, angkudes Jalur G, jurusan Karangpandan-Gerdu-Giribangun-Matesih-Plaosan, diperkirakan memuat sampai 39 orang atau melebihi 100 persen dari batas maksimal kapasitas penumpang.
“Selain itu cara pemuatan yang salah bisa fatal. Penumpang harus berada di dalam kendaraan. Tidak boleh bergelantungan di pintu, di atas kabin, dan di belakang,” jelasnya menambahkan.
Lebih lanjut, dia mengatakan dari pemeriksaan di lapangan tentang Angkudes yang kecelakaan pada Rabu (11/02) pukul 06.30 WIB. Sopir berusaha mengerem, hal itu di tandai dengan ada bekas pengereman sepanjang delapan meter dari jalan menurun dan berkelok. “Jadi secara teknis rem masih berfungsi dengan baik. Setelah jatuh ke sungai, mesin dan presneling lepas,” katanya.
Di sisi lain, perihal kelayakan kendaraan dia juga tidak menampik jika ada kemungkinan setelah menjalani pemeriksaan bisa mengalami kerusakan teknis.
Lebih lanjut, Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar akan melakukan pembinaan kepada supir angkutan agar mementingkan keselamatan penumpang dan diwajibkan setiap enam bulan harus melakukan uji kelayakan kendaraan. pd