Dinas Kesehatan Karanganyar Gencarkan Sosialisasi PSN

Karanganyar, Sabtu (07/02/2015)

Jpeg

ilustrasi mengamati jentik nyamuk

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar menggencarkan sosialisasi tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi meningkatnya kasus penyakit Demam Berdarah (DB).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Karanganyar, Fatkhul Munir menyebutkan selama ini kasus DB terjadi pada 11 dari 17 kecamatan yang ada. Hingga akhir Januari tahun ini, ada 53 kasus DB dan dua korban jiwa.

“Kami terus melakukan sosialisasi tentang kebersihan lingkungan dan PSN. Rencananya Mingu besok (08/02) akan melakukan agenda itu di Desa Jeruksawit, Kecamatan Gondangrejo,” katanya, Jumat (6/2) saat di temui di ruang kerjanya.

Sebelumnya petugas juga sudah melakukan pemantauan lingkungan di desa itu. Hasilnya, memang menyebutkan jika daerah itu masih tinggi resiko menyebaran penyakit DB. Selain Desa Jeruksawit, petugas juga memantau Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo. Pasalnya, pada bulan Desember tahun 2014 terdapat satu korban meninggal karena DB.

Biasanya, jentik berkembang biak di bak penampungan air, genangan air bersih, maupun di potongan-potongan bambu yang terdapat air bersihnya. Oleh karena itu, pihaknya terus meminta masyarakat untuk melakukan PSN. “Kuncinya ada di kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya menekan kasus DB. Meski pencanangannya di Jeruksawit, namun gerakan PSN ini diharapkan bisa berjalan di seluruh Karanganyar,” imbuhnya. pd