Musrenbangdeskel Kabupaten Karanganyar Dimulai

Karanganyar, Selasa (20/01/2015)

DSC_0134

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan pengarahan pada Pencanangan Pelaksanaan Musrenbangdes/kel Tahun 2015, Senin (19/01) malam di Balai Desa Jati, Kecamatan Jaten

Desa/ kelurahan se-Kabupaten Karanganyar mulai melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa / Kelurahan (Musrenbangdeskel). Agenda itu menjadi awal tahapan penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2016.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Karanganyar, Sundoro mengatakan tahapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Karanganyar untuk Tahun Anggaran 2016 dimulai dari tingkat desa/kelurahan dan berjenjang ke Kecamatan dan Kabupaten.

“Dokumen RKPD menjadi dasar penyusunan KUA PPAS dalam rangka tahapan penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2016,” ujar Sundoro, Senin (20/01) malam, saat Pencanangan Pelaksanaan Musrenbangdes/kel Tahun 2015, di Balai Desa Jati Jaten.

Dikatakannya, proses perencanaan pembangunan bersifat transparan, partisipatif, akuntanbel, dengan dilakukan pendekatan politik, teknokratik, buttom up, dan top down. “Untuk pelaksanaan Musrenbangdeskel dimulai 19 Januari- 3 Ferbruari 2015. Pada tingkat kecamatan pada 9-16 Februari 2015,” imbuhnya.

Selanjutnya diadakan Forum Gabungan SKPD pada 10-12 Maret tahun ini. Hal ini merupakan upaya untuk mensinkronisasi prioritas kegiatan pembangunan dan berbagai wilayah kecamatan.

“Dengan merencana kerja SKPD. Juga menetapkan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam renja skpd yang disusulkan flafon, pagu, dana di SKPD yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah,” jelas Sundoro. Kemudian dilaksanakan Musrenbang Kabupaten pada 24 Maret 2015. Output dari ini yakni dokumen RKPD sebagai pijakan untuk rencana KUA PPAS dan RAPBD tahun 2016.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan Musrenbang dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten harus memenuhi unsur-unsur demokatisasi dengan melibatkan sebanyak mungkin stake holder yang ikut memberikan masukan untuk merencanakan pembangunan yang akan datang. pd