Kepala SKPD Untuk Benar-Benar Memahami Sistem Keuangan

DSC_0059

Penandatanganan Pakta Integritas SKPD se Kab. Karanganyar, Kamis Siang 15/01

DSC_0064

Bupati Karanganyar Juliyatmono Saat Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan DPA 2015, Kamis Siang 15/01

Agar kegiatan 2015 yang dibiayai dari APBD dapat segera dilaksanakan dan tidak menumpuk di akhir tahun serta mewujudkan kesatuan langkah dalam sistem keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan, DP2KAD Karanganyar selaku Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sekaligus penandatanganan pakta integritas oleh sejumlah Pejabat Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Kamis kemarin (16/01) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Karanganyar Drs. Juliyatmono, MM didampingi Kepala DP2KAD Karanganyar dan diikuti Kepala SKPD di lingkungan Karanganyar, Ketua KONI Karanganyar, Ketua Kwarcab Karanganyar serta Camat se Kab. Karanganyar.

”Penandatanganan pakta integritas oleh sejumlah Pejabat di lingkungan Pemkab. Karanganyar sekaligus penyerahan DPA SKPD ini dilakukan agar kegiatan Pemerintahan di tahun 2015 segera terlaksana dan tidak menumpuk di akhir tahun,” Terang Kepala DP2KAD Karanganyar, Drs.Soemarno, MSi saat menyampaikan laporannya.” Adapun jumlah DPA SKPD di tahun 2015 adalah dengan perincian sebagai berikut : 14 DPA Pendapatan dengan jumlah 181.6 M, 62 DPA Belanja tidak langsung 1.4 T dan langsung 521.1 M. DPA Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) dengan jumlah pendapatan 1.4 T, Belanja 122.1 M, Biaya Penerimaan 80.1 M dan Biaya Pengeluaran 4 M,” jelas Soemarno.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya menegaskan untuk setiap Kepala Perangkat Satuan Kerja Daerah khususnya dilingkungan Pemkab.Karanganyar untuk benar-benar memahami sistem keuangan. “ Kemarin sejumlah pimpinan daerah menerima DPA dari Gubernur sejumlah 64 M. Saya selaku pimpinan Daerah Karanganyar telah meminta di tahun 2015 untuk dapat tambahan keuangan agar segera dapat melaksanankan kegiatan pemerintahan. Saya minta kepada setiap Kepala SKPD untuk benar-benar memahami dan menguasai sistem keuangan agar tidak seratus persen mempercayai kepada pejabat-pejabat di bawahnya, pastikan dengan kecvermatan dan ketelitian jangan sampai berhadapan dengan resiko-resiko pelanggaran, mohon kepala SKPD untuk menata fisiknya agar semua dapat berjalan baik dan lancar” pesan Bupati dihadapan para pejabat Karanganyar. Ditambahkan pula bahwa untuk bagian perekonomian Bappeda agar selalu melakukan evaluasi terkait kinerja pada peningkatan kesejahteraan. ad