Tahun Ini Satpol PP Bentuk Sekretariat PPNS

Karanganyar, Selasa (06/01/2014)

Satpol PP Kabupaten Karanganyar sebagai penegak Perda, penyelanggaraan ketertiban umum, dan ketertiban masyarakat

Satpol PP Kabupaten Karanganyar sebagai penegak Perda, penyelanggaraan ketertiban umum, dan ketertiban masyarakat

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar, pada tahun 2015 ini akan membuat Sekretariat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

“Kami di Satpol PP akan menindak sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Karanganyar yang ada. Jika ada yang melanggar Perda ya ditindak,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Karanganyar Mei Subroto, Senin (05/01)

Lebih lanjut, Mei Subroto menjelaskan bahwa Satpol PP tindak berdiri sendiri, namun berkoordinasi dengan Polisi sebagai Koordinator Pengawas (Korwas), Kejaksaan, dan Pengadilan Negeri.

Saat ini Satpol PP Kabupaten Karanganyar telah mempunyai PPNS sebanyak satu orang, yang telah mengikuti diklat PPNS. Secara bertahap dibutuhkan 70 orang PPNS.

“Jika ada kasus berat, tentunya berkoordinasi dengan Korwas dan bisa ditindak di pengadilan. Selama tahun 2014, telah dilakukan pencegahan sesuai SOP dengan menangani kasus galian C, tower, IMB, maupun ijin HO.” tambah Mei, disela-sela acara Pembinaan Satpol PP.

Dalam sambutan Bupati Karanganyar Juliyatmono menjelaskan, bahwa Satpol PP sebagai instrumen pemerintah yang bertugas untuk menjaga ketertiban dan keamanan, tidak bisa bekerja sendiri sehingga harus harus berkordinasi dengan berbagai pihak, selain itu untuk mensosialisasikan produk hukum yang ada di Pemkab Karanganyar.

“Satpol PP harus paham mengenai Perda dan petunjuk teknis dalam melaksanakan tugas, sehingga apabila ada pelanggaran bisa melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat,” jelas Bupati Juliyatmono. pd