Pentas Srawung Seni Candi Berlangsung Meriah

Karanganyar, Jumat (02/01/2015)

Pentas kesenian Srawung Seni Candi ke 11 menarik animo masyarakat untuk menonton, Kamis (01/01) di Kawasan Komplek Candi Sukuh.

Salah satu kelompok kesenian Sabuk Janur ikut pentas di Srawung Seni Candi ke 11, Kamis (01/01) di Kawasan Komplek Candi Sukuh.

Gelaran kegiatan pementasan Srawung Seni Candi berlangsung meriah, dengan banyaknya para pengunjung yang mendatangi dan melihatnya. Hal tersebut ditandai animo penonton yang berasal dari daerah, membuat kawasan wisata Candi Sukuh menjadi ramai.

Pentas yang berlangsung di Komplek Candi Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar itu diikuti sekitar 18 kelompok seniman yang berasal dari lokal maupun luar negeri. Menampilkan kesenian kontemporer maupun tradisional. Misalnya saja Sabdopalon Nayagenggong dari Ngargoyoso, Burkard Korner dari Jerman, maupun Wirastuti dan Luluk Ari dari Solo.

Menurut Soeprapto Suryodarmo, sebagai pengagas acara tersebut mengatakan, Srawung Seni Candi kali ini sudah berlangsung yang ke 11. Biasanya diadakan di akhir tahun dan awal tahun, tepatnya pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari.

“Kita menampilkan berbagai seni dari kebudayaan Indonesia. Selain itu juga sebagai wujud refleksi untuk kebudayaan Indoneisa dan alam. Sehingga kita dituntut untuk tetap waspada,” ujar pria yang akrab mbah Prapto, pemilik Padepokan Lemah Putih, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (01/01) di lokasi.

Selain pementasan karya seni, juga diadakan sarasehan, malam tirakatan dan pemberian bibit pohon kepada masyarakat. pd