Mensos Cek Langsung Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan

Karanganyar, Selasa (30/12/2014)

Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa dan Bupati Karanganyar Juliyatmono saat berkunjung di peserta penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Senin (29/12) di RT 6/RW 6 Dusun Mojorejo, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa dan Bupati Karanganyar Juliyatmono saat berkunjung salah satu   peserta penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Senin (29/12) di RT 6/RW 6 Dusun Mojorejo, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke Kabupaten Karanganyar, melakukan pengecekan langsung ke warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), di Dusun Mojorejo, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Senin (29/12).

PKH merupakan program bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dalam bentuk bantuan tunai. Adapun peserta merupakan yang memiliki ibu hamil (bumil) atau balita, dan peserta PKH adalah KSM yang memiliki anak didik usia enam-15 tahun (SD/SMP).

Pada kunjungan di Bumi Intanpari itu, Mensos Khofifah meminta warga penerima bantuan menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Pusat itu digunakan sebaik-baiknya. Kunjungan tersebut mendatangi langsung rumah warga penerima PKH di RT 6, RW 6 yakni keluarga Salinem dengan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 740 ribu per tahun. Keluarga Timbrung, dengan besar bantuan Rp. 1.240.000 per tahun, dan keluarga Supiana, sebesar Rp. 2.240.000 per tahun

Mensos Khofifah mengatakan Program Keluarga Harapan (PKH) ini diikuti pendamping. “PKH ini berbentuk condisional cast transfer (CCT). Jadi tugas pendamping mengawal penerima bantuan sampai bisa mandiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mensos mengatakan, sebelum dinyatakan bisa mandiri, para penerima bantuan PKH itu terlebih dahulu di nilai oleh pendamping, sejauh mana kesiapan bisa mandiri. “Setelah dinyatakan siap mandiri. Mereka akan mendapatkan program usaha ekonomi produktif dalam bentuk kelompok atau KUBE. Ini tahapannya relatif terukur,” jelasnya saat disela-sela kunjungan singkat.

Dari informasi yang diperoleh dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Karanganyar. PKH Kabupaten Karanganyar tahap 4 tahun 2014 total mencapai 9.711 rumah tangga yang mendapatkan dana bantuan PKH tersebut. Untuk di Kecamatan Gondangrejo 1.254 rumah tangga, dengan dana bantuan Rp. 400.125.000.pd