Tanam Pohon Untuk Kelestarian Alam

Karanganyar, Selasa (16/12/2014)

Bupati Juliyatmono (kiri) dan Wakil Bupati Rohadi Widodo (tengah) saat menanam pohon pada acara Hari Menanam Pohon Indonesi (HMPI) Tahun 2014, Senin (15/12) di SMK Negeri Jenawi

Bupati Juliyatmono (kiri) dan Wakil Bupati Rohadi Widodo (tengah) saat menanam pohon pada acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2014, Senin (15/12) di SMK Negeri Jenawi

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Kabupaten Karanganyar Tahun 2014 di peringati dengan penanaman berbagai jenis pohon. Tercatat pada periode Januari-Desember pada tahun ini telah di tanam 2,8 juta batang pohon.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan pelaksanaan penanaman pohon tidak semata-mata dengan alasan seremonial. Namun lebih dari itu, kegiatan ini kita pelihara keberlanjutannya atas kesadaran kita untuk menjaga lestarinya hutan kita.

“Upaya penanaman satu milyar pohon setiap tahun harus kita dukung dan laksanakan untuk memperbaiki kerusakan hutan,” ucap Bupati Juliyatmono, Senin (15/12) saat Peringatan HMPI Tahun 2014, di SMK Negeri Jenawi.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan di tangan para generasi muda, kelangsungan hutan di masa depan menjadi pertaruhan. “Sejak dini kita perkenalkan hutan sebagai ekosistem yang harus kita jaga, kita latih rasa dan sikap dan ketrampilan kepedulian mereka terhadap hutan,” jelasnya.

Mengingat Kabupaten Karanganyar berada di lereng Gunung Lawu, Juliyatmono mengajak agar masyarakat menjaga keseimbangan alam dan hutan Gunung Lawu tetap akan memberi kemanfaatan bagi masyarakat di Lereng Lawu, juga lebih luas untuk seluruh umat manusia.
Adapun jenis pohon yang ditanam seperti jati, sengon, mangga, matoa, mahoni, trebesi, bodi, dan kunto bimo. pd