Tebar Ribuan Ikan Untuk Jaga Ekosistem

Karanganyar, Senin (15/12/2014)

Penebaran bibit ikan berbagai jenis untuk menjaga ekosistem sungai, Senin (15/12) di Sungai Mantenan, Dusun Bloran, Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo

Penebaran bibit ikan berbagai jenis untuk menjaga ekosistem sungai, Senin (15/12) di Sungai Mantenan, Dusun Bloran, Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo

Ribuan ikan dari berbagai jenis ditebar di sungai-sungai di Kabupaten Karanganyar. Hal itu merupakan upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem sungai dan upaya pelestarian alam.
Sungai Mantenan, Dusun Bloran, Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo menjadi salah satu lokasi untuk kegiatan menebar benih ikan, yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Senin (15/14).

Sebanyak 15 ribu ikan nila, empat ribu ikan tawes, dan 15 ribu ikan lele disebar di sungai tersebut untuk pelestarian sumber hayati. Sedangkan untuk se Kabupaten Karanganyar di sebar di 16 titik lokasi, dengan jumlah total sebanyak 175 ribu ikan nila, 40 ribu ikan tawes, dan ikan lele sebanyak 40 ribu.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan sungai jangan di cemari, atau menyetrum ikan. Karena dapat merusak ekosistem yang ada. Selain melestarikan sungai dan lingkungan. Sedekah alam ini juga bertujuan agar kita bisa lebih dekat dengan masyarakat secara langsung.
“Jadi kami berpesan agar masyarakat mampu menjaga sedekah alam ini dengan tidak mencemari sungai dalam bentuk apapun. Saya tegaskan untuk tidak merusaknya,” ujar Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Selain Bupati, kegiatan menebar ribuan bibit ikan itu diikuti Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dan Muspida Karanganyar. pd