17 Kecamatan Ikuti Lomba Tari Manggolo Dipo

Karanganyar, Rabu (10/12/2014)

Satu kelompok peserta saat tampil pada lomba tari Manggolo Dipo, Rabu (10/12) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Satu kelompok peserta saat tampil pada lomba tari Manggolo Dipo, Rabu (10/12) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Tim Pengerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Karanganyar mengadakan lomba tari Manggolo Dipo. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 17 kelompok dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Rabu (10/12) pagi, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Puryanto, Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan tari ini berdurasi tujuh menit dan satu kelompok terdiri atas tiga orang. “Lomba ini dalam rangka program rutin PKK Kabupaten Karanganyar. Tari ini bisa menjadi salah satu contoh bagi kaum perempuan untuk terus bersemangat dan berkarya.,” kata Puryant, disela-sela lomba.

Sementara itu, koreografer tari Manggolo Dipo, Lili Setijawati mengatakan tari tersebut menggambarkan seorang prajurit putri dari Nyi Dipo atau Nyi Ageng Karang (Pendiri Karanganyar) yang sedang berlatih peperangan untuk persiapan melawan penjajah.

“Filosofi yang dapat diambil dari Tari Manggolo Dipo ini walaupun kita seorang perempuan, tetapi harus mempunyai semangat pantang mundur untuk melawan penjajah” jelas Lili Setijawati.

Lomba tari tersebut di dinilai langsung oleh dua orang dewan juri dari ISI (Institut Seni Indonesia). Kejuaraan ini diambil peserta terbaik I, II, dan III serta harapan I, II, dan III. pd