Peringati Hari AIDS Dengan Bagikan Stiker

Karanganyar, Senin (08/12/2014)

Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat membagikan stiker dan pamflet tentang bahaya HIV AIDS, Minggu (07/12) saat di CFD

Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat membagikan stiker dan pamflet tentang bahaya HIV AIDS, Minggu (07/12) saat di CFD

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karanganyar, mengadakan kegiatan bagi-bagi stiker dan pamflet yang berisi tentang bahaya penyakit HIV/AIDS, cara penularan dan menghindarinya.
KPA mengadakan acara itu sebagai rangkaian acara peringatan Hari AIDS Sedunia, yang diperingati setiap 1 Desember.
Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Kapolres Karanganyar AKBP Martirenni Narmadiana, tak segan juga membagikannya di tengah kerumunan masyarakat. Tak hanya itu saja, dengan melibatkan puluhan mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta berkeliling di seputaran alun-alun Karanganyar di Car Free Day (CFD).
Saat memberikan sambutan, Bupati Juliyatmono menuturkan hampir 60 orang di Karanganyar meninggal karena terkena virus HIV/AIDS. Hal tersebut bisa disebabkan ketidaktahuan mereka tertular penyakit menular tersebut.
“Masyarakat jangan mengucilkan penderita virus itu. Selain itu tetap berhati-hati dan menghindari dengan berperilaku pola hidup sehat,” ujar Juliyatmono, Minggu (07/12) di CFD.
Adapun cara penularannya dapat melalui hubungan seksual dengan orang yang terjangkit virus HIV, pemakaian jarum suntik bekas orang yang terinfeksi virus tersebut, menerima transfusi darah yang tercemar HV, dan Ibu hamil yang terinfeksi virus HIV.
Sedangkan cara pencegahan virus yang menyerang imunitas tubuh manusia tersebut dengan setia pada pasangan, tidak melakukan seks bebas, hindari pengguaan jarum suntik secara bersama-sama, alat tusuk untuk akupuntur, tato, melubangi telinga harus steril, dan jika ingin tranfusi darah sebaiknya pastika darah tidak tercemar HIV. pd