Semarak Hari Jadi Ke-97 Kab. Karanganyar

DSC_0289

Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar menghampiri salah satu peserta khitan massal

DSC_0341

Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar secara simbolis menyerahkan buku nikah kepada salah satu pasangan peserta nikah massal

Selayaknya orang yang punya gawe (hajatan), Pemkab. Karanganyar mengadakan nikah massal dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-97 Kab. Karanganyar, Kamis (27/11) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar didampingi Muspida, Asisten, Staff Ahli, Kepala SKPD dan Camat se Kab. Karanganyar serta diikuti keluarga dari pasangan nikah massal.

Ngadi Parto Suwito (72) dan Sularti (62) Desa Krendowahono Kecamatan Gondangrejo menjadi pasangan tertua serta Gito (21) dan Vivin Indriastuti (16) Karangpandan menjadi pasangan termuda dalam acara Nikah Massal HUT Kab. Karanganyar ke-97.

“Kami selaku penyelenggara sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengumpulkan sebanyak 97 pasang untuk mengikuti nikah massal HUT Karanganyar yang ke-97 ini. Tetapi menjelang hari H, ternyata hanya 36 pasang dari 17 Kecamatan se Karanganyar ini yang terdaftar dari semula 97 pasang. Secara keseluruhan pasangan sudah memenuhi persyaratan yang berlaku, telah dilakukan ijab qobul di KUA Kecamatan masing-masin dan hari ini adalah resepsinya,” terang Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar sekaligus Ketua Panitia Khitan dan Nikah Massal Cucuk Heru Kusumo saat menyampaikan laporannya.

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan apresiasi kepada segenap Panitia Penyelenggara dan terima kasih kepada pasangan yang telah terdaftar menjadi peserta nikah massal. “Pemerintah memastikan semua perkawinan punya asas legalitas berupa surat nikah yang berkaitan dengan pembagian warisan dikemudian hari. Supaya tidak ada rebutan soal warisan, semua sudah diatur secara hukum administrartif yaitu bukti surat nikah itu,” terang Bupati.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut setiap pasangan diberikan bingkisan dari Pemkab. Karanganyar yakni berupa seperangkat alat sholat dan uang saku. Sebelumnya pada hari yang sama diadakan juga kegiatan khitan massal yang diikuti oleh 153 peserta di aula Masjid agung Karanganyar. Guna kelancaran pelaksanaan khitan, Panitia menyiapkan sejumlah 40 tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat. ad