LKM Krida Utama Temanggung Kunjungi Kemiri

20141115_130533

Keberhasilan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kemiri Makmur Desa Kemiri Kecamatan Kebakramat dalam menata permukiman kumuh, menjadi daya tarik pembelajaran bagi kabupaten lain.

Salah satunya kedatangan pelaku PNPM Mandiri Desa Campursalam Kecamatan parakan Kabupaten Temanggung di Desa Kemiri Sabtu (15/11) baru-baru lalu.

Sebanyak 60 orang  relawan PNPM MP LKM Krida Utama Temanggung belajar langsung ke lokasi di Dusun Kramat Kemiri bagaimana menata permukiman kumuh yang dilakukan oleh BKM Kemiri Makmur.

Sementara itu, turut menyambut kedatangan rombongan Kepala Desa Kemiri, BPD, Korkot PNPM Mandiri Perkotaan, Tim Fasilitator dan BKM Kemiri Makmur.

Desa kemiri merupakan salah satu desa yang mendapatkan program Penataan Lingkungan Permukiman berbasis Komunitas (PLBPK) penetapan tahun 2012. Desa kemiri mendapatkan stimulant sebesar 1 (satu) Milyar dari pusat.

Dana Satu milyar diperuntukan untuk proses perencanaan dan pemasaran sebesar 150 juta dan pembangunan infrastruktur sebanyak 850 juta.  Sampai dengan Nopember 2014, dana 1 Milyar sudah cair 100%.

Berdasarkan perencanaan yang dilakukan oleh warga desa Kemiri, disepakati bahwa program PLPBK diprioritaskan untuk penataan lingkungan kumuh di RW06 Dusun Kramat dan Dusun kebakdemang.

Dalam penataan tersebut dibangun peningkatan jalan, perbaikan saluran air, perbaikan rumah tidak layak huni, peningkatan akses sanitasi, pembuatan ruang terbuka hijau, pergola, lampu lingkungan dan Gapura.

20141115_130507

Sartono, Ketua Tim Inti Perencanaan dan Pemasaran (TIPP) LKM Krida Utama Desa Campursalam, Temanggung memberikan apresiasi yang tinggi kepada BKM Kemiri Makmur dan Desa Kemiri yang mampu memberikan kesadarannya kepada warga sehingga merelakan tembok rumahnya dipangkas dalam rangka penataan jalan dan meminjamkan tanah untuk pembangunan ruang terbuka hijau.

Sedikitnya ada 3 rumah yang harus merelakan dindingnya untuk dipangkas. Satu rumah pemangkasan antara 0,5 meter sampe 2 meter.

Hal ini lah menurut Sartono, yang harus dijadikan contoh dan semangat bagi masyarakat Desa Campursalam sehingga pelaksanaan PLPBK di Temanggung dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan.

Amin Sadimin, Kepala Desa Kemiri dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, bahwa keberhasilan pembangunan penataan kumuh dusun Kramat tidak terlepas dari upaya-upaya yang terus dilakukan oleh para pelaku (BKM, TIPP dan Pemerintah Desa).

Menurut Amin, tidak terhitung jumlahnya Pemdes dan BKM mengadakan pertemuan-pertemuan dengan warga dalam rangka memberikan pemahaman dan kesadaran warga pentingnya kepedulian warga dalam proses penataan permukiman.  “Alhamdulillah berhasil”, ujar Amin.

Sementara itu Bambang Sumardiyanto, selaku tokoh masyarakat Desa Kemiri mengungkapkan bahwa keberhasilan kemiri dalam menata permukiman kumuh, mendapatkan  apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada saat Lomba habitat Tahun 2014.

Menurut Bambang, berdasarkan informasi yang didapat, bahwa Kemiri mendapatkan nominasi 2 besar dan insya allah akan mendapatkan hadiah berupa program sekitar 500 juta.

 

Pengirim:
Dade Saripudin, S.Pt, MM
Koordinator Kota PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Karanganyar